3 Contoh Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya, Tetap Jadi Bisnis Yang Menggiurkan

usaha rumahan modal kecil untung besar

Hampir semua dari kita ingin memiliki pekerjaan yang fleksibel tanpa harus terikat dengan tempat kerja ataupun tenggat waktu. Usaha rumahan pun menjadi pilihan yang sangat menarik apabila kita tidak ingin bekerja untuk orang lain dan memiliki kewajiban yang terlalu mengikat.

Maka dari itu, banyak orang yang sudah mulai merintis usahanya sendiri tanpa harus terikat dengan jadwal kerja. Adapun usaha sendiri yang saat ini sedang marak dilakukan adalah usaha rumahan.

Ibu rumah tangga yang tadinya tidak memiliki penghasilan pun, saat ini sudah mulai mampu menghasilkan pendapatannya sendiri. Tanpa harus menunggu nafkah dari suami, mereka sudah bisa mulai mencukupi kebutuhannya sendiri.

Usaha rumahan pun dirasa bisa dijadikan alternatif penghasilan tambahan, ketika kita sedang butuh pemasukan lebih, sedangkan gaji yang didapat dari kantor masih kurang.

Bagi sebagian besar orang yang memiliki usaha rumahan, penghasilan yang didapat lumayan mampu mengangkat perekonomian mereka. Melalui usaha rumahan yang begitu banyak, memang tidak semua usaha rumahan mampu memberikan pendapatan yang besar.

Karena usaha rumahan yang bertujuan untuk menambah penghasilan, biasanya bukan lah usaha yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai bisnis besar. Lalu,

Apa saja usaha rumahan yang membawa banyak keuntungan

Berikut adalah beberapa jenis usaha rumahan beromset menggiurkan, yang bisa anda jadikan referensi untuk merintis usaha anda.

1. Jualan Gas Elpiji 3Kg, Kebutuhan yang selalu dibutuhkan

Semenjak pemerintah memberlakukan konversi minyak tanah ke gas elpiji, perlahan lahan dominasi minyak tanah mulai meluntur. Bahkan kini keberadaanya mulai sulit diditeksi.

Baca Juga  Banyak Cara Mencari Penghasilan Tambahan Dari Rumah Saja Terbukti Menghasilkan

Kalaupun ada, harga gas elpiji 3 kg akan jauh lebih mahal ketimbang gas elpiji. Tak ayal, masyarakat perlahan lahan mulai beralih menggunakan gas elpiji 3kg dan 12kg. Kini, pengguna gas elpiji bukan hanya masyarakat menengah ke atas tapi lebih menyasar semua kalangan.

Seiring dengan meningkatnya permintaan gas elpiji beberapa kalangan mulai melirik potensi bisnis gas elpiji 3kg dan 12 kg.

Para agen gas elpiji pun begitu mudah kita jumpai di berbagai daerah. Bahkan, hingga ke pelosok-pelosok. Kondisi ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai potensi bisnis bagi para pelaku usaha.

Sebagai agen anda cukup memasok gas elpiji ke warung-warung, rumah, pedagang atau pun kalangan lainnya. Kebutuhan masyarakat akan gas elpiji bersifat dinamis. Oleh karena itu, jika anda melakukanya dengan benar, permintaan akan gas elpiji akan terus menerus ada.

Namun perlu diketahui, sebelum anda memutuskan untuk turut menerjuni bisnis ini, sebaiknya ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Lantas, apa saja hal tersebut?

Pertama, lakukan lah research pasar terlebih dahulu, pastikan daerah yang nantinya akan anda jadikan tempat usaha merupakan lokasi yang potensial dan memiliki akses keluar masuk yang mudah.

Jangan sekali kali memilih lokasi usaha yang sepi atau jauh dari keramaian, karena hal tersebut nantinya akan menyulitkan anda untuk mendistribusikan gas elpiji 3kg.

Baca Juga  20 Ide Usaha Makanan Ringan Yang Laris Untuk Semua Kalangan

Untuk kelancaran usaha gas elpiji anda, pastikan anda sudah memiliki badan usaha seperti CV atau PT. Ada juga dokumen perizinan lain yang harus anda lengkapi seperti:

  • Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
  • Surat Izin Usaha Perdagangan SIUP,
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP),
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU),
  • dan izin gangguan (HO).

Lalu bagaimana jika belum memiliki surat-surat tersebut? jangan khawatir, anda masih bisa memulai bisnis tersebut dengan meminta surat izin usaha sementara dari ketua RT setempat.

Selanjutnya, siapkan juga kendaraan yang mampu mengakomodir pengangkutan gas elpiji 3kg atau pun 12 kg ke tempat tempat tertentu. Idealnya, anda harus memiliki sebuah mobil pick up atau dapat memanfaatkan bisnis rental mobil sebagai alat untuk bisnis elpiji tersebut.

Nah, setelah semua unsur perizinan dan infrastruktur terpenuhi, lakulanlah beberapa strategi marketing dan networking.

Promosi bisnis atau pun marketing sangatlah dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis anda agar diketahui oleh orang banyak.

Ada beragam metode marketing, mulai dari yang gratis seperti door to door hingga versi berbayar seperti iklan. Sementara networking perlu anda lakukan untuk memperlebar jaringan sesama agen gas elpiji.

Tujuannya, yakni untuk mengekstrak informasi seputar gas elpiji. Bisa jadi, networking yang anda miliki dapat memperlebar pasar gas elpiji anda.

2. Jasa laundry kiloan

Dengan ketatnya jadwal kerja serta padatnya kegiatan, banyak orang yang sudah tidak sempat lagi mengurus urusan pribadinya.

Baca Juga  Begini Cara Mengganti Asuransji BPJS Ketenagakerjaan Ketika Sudah Resign Kerja

Misalnya saja untuk mencuci baju, banyak orang yang mulai memanfaatkan jasa laundry untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Buat anda yang ingin memulai bisnis rumahan, maka membuka jasa laundry adalah salah satu usaha yang sangat menguntungkan.

Semakin banyak para pekerja di kalangan masyarakat yang sudah sangat sibuk dengan pekerjaan mereka, maka semakin besar pula kesempatan bagi anda untuk mencari keuntungan dari kondisi tersebut.

Sedikit tips untuk menjalankan usaha ini, anda perlu riset kecil-kecilan dengan melihat berapa banyak orang mencuci pakaiannya sendiri saat akhir pekan di lingkungan sekitar anda.

Semakin banyak orang yang mencuci pakaiannya sendiri saat akhir pekan, maka semakin besar pula peluang anda untuk membuka jasa ini di rumah anda.

3. Usaha kuliner modal kecil

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan konsumsi yang harus dikonsumsi setiap harinya. Tapi tahukah Anda, sekarang ini banyak sekali Rumah makan yang berada di tepi jalan bahkan di pusat kota ataupun pusat perbelanjaan.

Terbukti bahwa makan dan minum sangatlah penting dimanapun berada. Dalam memilih menu sebaiknya Anda harus mengembangkan beberapa resep, agar sajian makanan dan minuman Anda, benar-benar berbeda dengan yang lainnya.

Sehingga, kunci utama dari bisnis kuliner ialah citarasa yang berbeda namun rasa tersebut dapat dikatakan perfect.

Written by Chabib Azizah

Penulis artikel tentang dunia bisnis, keuangan dan perbankan