in

4 Inspirasi Usaha dan Bisnis Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga

Menjalankan bisnis tidak harus dengan menyewa tempat mahal di pusat pertokoan. Karena anda bisa menjalankan bisnis di rumah. Sehingga akan menekan biaya operasional, penyewaan ruang usaha dan biaya lain yang akan muncul.

Yang terpenting dalam menerapkan peluang usaha rumah tangga adalah inovasi produk, strategi marketing yang handal dan pelayanan yang prima.

Apalagi saat ini internet menawarkan sarana mudah dan murah untuk mendukung pemasaran bisnis. Kerja keras dan sikap pantang menyerang harus anda miliki, sehingga kesuksesan bisa anda raih. Apa saja pilihan bisnis rumah tangga yang bisa menjadi inspirasi bisnis anda?

Inspirasi peluang bisnis menguntungkan untuk ibu rumah tangga

1. Jasa menjahit pakaian

Kebutuhan pakaian akan selalu besar mengingat pertumbuhan penduduk dan tingkat ekonomi. Meskipun saat ini banyak industri garmen yang menciptakan busana menarik siap pakai, tapi sejumlah orang masih menyukai membuat baju sesuai keinginannya pada penjahit kepercayaannya.

Pesanan menjahit pakaian tetap besar karena tidak semua jenis pakaian diproduksi industri garmen, seperti seragam sekolah, seragam batik kantor, pakaian beladiri, pakaian adat, pakaian yang berukuran kecil atau sangat besar dan sebagainya.

Bahkan perusahaan garmen atau toko busana juga saat ini ada yang memberikan pesanan busana untuk dikerjakan oleh penjahit di rumah.

Jika hasil jahitan anda dinilai bagus maka kerjasama akan berlangsung lama. Usaha ini memang butuh keahlian khusus tapi sebenarnya sangat mudah dipelajari karena terbilang sederhana.

Saat ini masih banyak ditemukan lembaga kursus menjahit dalam waktu singkat dan biaya terjangkau. Ketekunan, ketelitian anda dalam menjahit, serta inovasi rancangan busana akan membuat anda terlihat memiliki banyak kelebihan daripada penjahit lainnya.

2. Bisnis katering

Jika anda gemar memasak dan memiliki keterampilan dalam menciptakan masakan yang lezat, maka bisnis kuliner berupa usaha katering bisa anda kembangkan.

Bisnis kuliner tidak ada pernah matinya, apalagi bila masakan anda dikenal sangat lezat dan terjangkau. Biasanya pesanan katering banyak datang pada acara pernikahan, khitanan, pertunangan, acara reuni sekolah, acara seminar, rombongan wisata, acara ulang tahun dan acara lainnya.

Ciptakan makanan yang banyak disukai masyarakat dan lakukan inovasi yang menarik, sehingga lebih banyak pelanggan setia di bisnis kuliner anda.

3. Membuka toko kelontong

Kebutuhan harian setiap orang beraneka ragam, sayangnya tidak semua orang sempat untuk membelinya di toko tertentu.

Anda bisa menyediakan beragam produk harian, sehingga masyarakat sekitar tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan produk yang dibutuhkannya. Anda bisa membuat toko kelontong sederhana yang menyediakan gula pasir, teh, mie instan, makanan ringan, permen, pasta gigi, sikat gigi, sabun cuci, sabun mandi, obat nyamuk dan sebagainya.

Biasakan anda untuk menjalankan bisnis ini secara profesional, seperti jam operasional yang jelas, pemberitahuan jika libur atau tutup dan memberikan pelayanan yang ramah. Jangan lupa juga untuk mencatat keuangan bisnis anda, sehingga bisa dipantau pemasukan dan pengeluaran bisnis yang anda jalankan.

4. Bisnis pakaian secara online

Jika anda menyukai dunia fashion, berbisnis pakaian bisa anda tekuni. Jika anda tidak bisa memproduksi pakaian anda bisa menjadi reseller dari merek busana tertentu dan menjalankan sistem bisnis dropship.

Karena dijalankan secara online, maka modal utama anda adalah perangkat komputer dan koneksi internet yang handal.

Bisnis ini biasanya akan meningkat omzetnya ketika menjelang hari raya Idul Fitri dan hari besar lainnya. Pastikan anda update dengan perkembangan fashion, sehingga produk anda tetap diminati oleh pelanggan setia anda.

Demikian inspirasi singkat mengenai beberapa contoh usaha yang menjanjikan paling ideal dijalankan oleh ibu rumah tangga sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan.

Written by Rika Aristiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *