Tips Memulai Usaha Membuka Bisnis UKM Tanpa Modal Besar

Contoh usaha modal kecil untung besar

Bekerja sebagai karyawan kini tidak lagi menjadi pilihan setelah selesai menempuh studi, hal ini menjadi tidak populer karena anak muda sekarang tidak suka patuh lagi dengan orang lain.

Sebagai individulis tentu tidak nyaman jika bekerja dibawah tekanan orang lain, oleh karena ini banyak anak muda lebih memilih bisnis UKM.

Mengapa banyak orang yang mulai melirik berbisnis dengan system UKM? Anda perlu tahu apa maksud dari UKM itu sendiri.

UKM merupakan singkatan dari usaha kecil dan menengah, system ini dibentuk oleh pemerintah dan swasta untuk mengurangi nilai pengganguran, apalagi untuk mereka yang baru saja usai menempuh studi di bangku perkuliahan.

Cara ini ditempuh untuk mengurangi angka ketergantungan dari lowongan kerja di sebuah perusahaan, dengan mendirikan bisnis UKM maka anda tidak hanya bisa menyelamatkan diri sendiri, namun juga merekrut orang lain untuk bisa bekerja sama dengan anda.

Itulah mengapa bisnis ini banyak mendapatkan dukungan dengan mempermudah ijin dan bisa mendapatkan kucuran kredit dengan bunga rendah, dari pemerintah maupun swasta.

Cara membuka bisnis UKM tanpa harus mengeluarkan modal besar

Modal menjadi salah satu batu sandungan yang anda harus lupakan, tanpa modal yang besar anda tetap bisa mendirikan bisnis UKM, asalkan anda sudah mempunyai tujuan yang jelas untuk mendorong berjalanannya bisnis ini. Berikut cara membuka bisnis tanpa modal besar :

Baca Juga  Mengelola Manajemen Produksi Pada UMKM Dengan 5 Aspek Penting

1. Tampilkan ciri khas.

Jika anda mempunyai keahlian dan kemampuan untuk menghasilkan sebuah barang maupun jasa secara khas, tidak ada salahnya untuk menonjolkan hal tersebut.

Misalkan dengan membuat benda kerajianan dari bahan sampah atau bahan daur ulang, ini tentu saja tanpa modal bukan.

2. Jangan ragu memperkenalkan sebuah barang baru

Sebuah penemuan baru tentu saja bukan hal yang familier, cukup yang simple saja. Buat alat untuk mempermudah setrika baju, alat pijat kepala dengan batok kelapa, atau alat garuk dengan bahan kayu. Alat sederhana ini akan lebih banyak di lirik karena simpel dan multifungsi.

3. Buatlah barang yang bisa digunakan untuk semua orang

Pakaian, alat kebersihan, lemari merupakan beberapa barang yang dibutuhkan manusia dan setiap orang harus mempunyai hal tersebut, lebih baik memproduksi hal semacam ini dari pada harus menciptakan sebuah alat teknologi.

Beberapa cara ini bisa anda jadikan inspirasi untuk mulai membuat bisnis UKM yang sesuai dengan kemampuan dan tentu saja mempunyai nilai jual, jangan membuat barang yang terlalu aneh dan di nilai tidak dibutuhkan banyak orang. Ok.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan ulasan dari artikel kami bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. Salam sukses selalu..

Written by Melisa Putri

Berpengalaman sebagai akuntan selama lebih dari 5 tahun di Bank Swasta. Memiliki sertifikasi Certified Public Accountant (CPA).