in

5 Tips Berjualan di Stan Bazar Agar Laris Manis Diserbu Pengunjung

Tips berjualan laris di stan bazar

Bagi anda yang suka berbisnis secara spontan atau situasional, anda pasti tidak kaget dengan keberadaan bazar. Bazar adalah suatu pasar dadakan yang ada untuk suatu event atau acara tertentu.

Biasanya acara-acara seperti jalan sehat, peringatan ulang taun suatu tempat, pasar pagi, peringatan hari penting, dan masih banyak lagi.

Adanya bazar sebenarnya bisa memberikan anda keuntungan secara instan dan banyak mengingat biasanya ketika diadakan bazar, ada banyak sekali orang yang berlalu lalang.

Tetapi satu yang perlu anda ingat adalah, anda bukanlah satu-satunya yang mendirikan stan dibazar tersebut. Maka dari itu, anda sebaiknya terlebih dahulu mengetahui tentang tips tips untuk berjualan di bazar agar barang yang anda jual laris manis dan akhirnya anda mendapatkan profit yang anda inginkan.

Strategi berjualan agar menarik pengunjung di stan bazar

#1 Mendekor stan agar mencolok

Stan adalah komponen penting pada bazaar anda. Anda harus mendekor stan tempat anda berjualan menjadi sesuatu yang unik, menarik, dan juga eyecatching. Stan yang menarik tentu akan mudah terperhatikan oleh para calon pembeli anda.

Bagaimana cara mendesain stan anda agar menarik dan mencolok? banyak sekali yang bisa anda lakukan. Misalnya, anda menutupi kain kain disekitar stan anda dengan warna yang apik dan mudah terlihat, sebaiknya anda tidak menggunakan warna hitam jika tidak ada komponen lain untuk mendekor stan anda.

Kemudian, usahakan nama atau tulisan menu yang mempresentasikan jualan anda terlihat jelas serta mentereng sehingga calon pembeli dapat melihatnya dengan mudah dan juga tertarik untuk membelinya.

#2 Memanfaatkan tema acara

Tips agar bazar anda laris manis adalah dengan memanfaatkan tema acara. Dengan memanfaatkan tema acara maka kemungkinan jualan anda laris manis akan semakin tinggi karena euforia para pembeli atas acara tersebut sedang tinggi.

Misalnya, anda datang pada acara dengan tema superhero, maka anda bisa memanfaatkan tema tersebut baik untuk dekorasi ataupun produk yang anda jual. Misalnya anda menjual marchendise bertema avengers, marvel, dan lain sebagainya.

Tema juga bisa anda manfaatkan untuk menamai produk yang  anda jual. Misalnya anda menjual minuman bersoda, anda dapat menamainya sebagai Batman drinks dan lain sebagainya.

#3 Pemilihan produk yang dijual

Yang selanjutnya perlu anda pikirkan adalah pemilihan produk yang anda jual. Anda harus menjual produk yang mana memang tepat dijual di stan bazaar.

Umumnya, sesuatu yang dijual distan bazar adalah sesuatu yang simpel dan tidak terlalu rumit, tetapi semua ini tergantung dengan tema dan jenis acara.

Misalnya, anda berjualan di bazar gerak jalan, maka tidak tepat apabila anda menjual barang elektronik. Akan lebih tepat misalnya anda menjual minuman dingin karena biasanya orang yang habis melakukan gerak jalan merasa capai dan membutuhkan asupan cairan, atau anda bisa menjual snack snack ringan, makanan dalam bentuk cup, dan lain sebagainya.

Ketika anda berjualan di bazaar gerak jalan, akan sangat bijak anda mempertimbangkan kemudahan makanan yang anda jual untuk dimakan, karena posisi disana tentu sangat ramai orang.

#4 Proaktif

Ketika anda menjual produk anda distan bazar, terutama diacara yang ramai riuh, anda pasti menemui bahwa semua orang sibuk dalam berlalu lalang.

Anda dapat menarik perhatian mereka dengan bersikap proaktif seperti menawarkan produk anda kepada orang yang lewat dengan seruan-seruan yang mengajak. Anda juga bisa menawarkan produk anda sembari berputar-putar ke kerumunan orang yang ada di acara untuk menawarkan produk anda.

Jangan hanya berpangku tangan dan menunggu pembeli datang ke stan anda, tetapi sebaliknya menjadilah aktif dengan bersikap komunikatif dalam hal promosi dengan calon pelanggan anda.

#5 Harga murah

Tips terakhir yang dapat anda terapkan adalah dengan mengusahakan barang dagangan yang anda jual adalah murah.

Maksudnya bisa berarti dua hal, yang pertama adalah anda menawarkan barang yang memang harganya tidak terlalu mahal (misalnya anda menjual mobil di bazaar gerak jalan secara tunai) ataupun menjual barang anda dengan harga yang relatif rendah daripada kompetitor anda.

Umumnya para orang yang hadir pada suatu acara yang tersedia bazar akan tidak memikirkan membeli sesuatu yang harganya mahal, dan sebaliknya akan cenderung membeli barang yang  murah.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat produk yang anda jual di bazar menjadi laris, baca juga inspirasi peluang bisnis 2021 yang menjanjikan masa kini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *