in

5 Tips Strategi Pemasaran Hasil Produk Kerajinan Secara Efektif

Cara pemasaran produk kerajinan tangan

Memasarkan produk kerajinan sangat penting dan bagaimana cara strategi pemasaran yang paling efektif untuk hal ini hendaknya para pelaku usaha kerajinan bisa cerdas menganalisa situasi pasarnya.

Berbisnis kerajinan tangan dimana anda memproduksi dan memasarkan sendiri dapat dikategorikan sebagai industri kreatif.

Banyak sekali para pengusaha kecil menengah dibidang kerajinan tangan yang mampu menghasilkan omset jutaan bahkan puluhan juta rupiah dari usaha serupa.

Industri kerajinan tangan juga dinilai sebagai usaha yang memiliki potensi profit yang bagus, mengingat kekreatifan dalam membuat sesuatu itu tidak ternilai harganya serta memiliki kespesialan tersendiri dibandingkan dengan buatan mesin.

Kerajinan tangan seperti vas, kendi, pot, anyaman, tas anyam, sepatu handmade, dan lain sebagainya tentu memiliki nilai plus dibandingkan dengan produk yang diproduksi secara masal dengan bantuan mesin.

Selama ini, yang sering menjadi hambatan dalam melakukan bisnis kerajinan tangan adalah manajemen produksi UMKM dan terkait pemasaran.

Umumnya usaha ini terfokuskan pada pemproduksiannya sehingga bagian dalam pemasaran sedikit terabaikan.

Padahal letak dimana nantinya usaha anda akan mendapatkan profit adalah ketika hasil kerajinan tangan tersebut dapat terjual.

Strategi pemasaran produk kerajinan tangan

Apabila anda masih kebingungan harus kemana memasarkan usaha anda, maka anda sedang menemukan artikel yang tepat. Berikut ini dituliskan beberapa ide untuk memasarkan hasil kerajinan tangan anda!

#1 Di pasar pusat oleh-oleh

Hasil kerajinan tangan sangat erat kaitannya dengan oleh-oleh. Biasanya, kerajinan yang diciptakan oleh warga lokal atau dalam hal ini anda sebagai pelaku usaha memiliki ke-khas-an tersendiri yang mana ada sentuhan rasa lokalnya.

Maka dari itu anda bisa menjual produk yang anda miliki di pasar pusat oleh-oleh yang tersebar dibanyak sudut di kota anda.

Misalnya, pasar oleh-oleh di dekat tempat wisata, di titik-titik strategis kota, dan lain sabagainya.

Ketika anda memasarkan hasil kerajinan tangan anda di pasar, bisa jadi anda harus membayar sewa tempat yang ada atau membayar pajak penggunaan petak di pasar.

Selain itu untuk memasarkan hasil kerajinan tangan anda, tentunya perlu menyediakan karyawan untuk menjaga dagangan anda di pasar pusat oleh-oleh tersebut.

#2 Membuka toko kerajinan (Galeri)

Jika saran pertama berisi anjuran untuk memperdagangkan kerajinan tangan anda di pasar pusat oleh-oleh, yang mana artinya anda akan bertemu dengan banyak sekali penjual kerajinan tangan yang serupa, saran yang kedua adalah anda sebaiknya membuka toko kerajinan anda sendiri.

Dengan membuka toko kerajinan tangan sendiri, maka produk-produk dapat diorganisir dengan baik dan memudahkan para pembeli untuk menemukan produk anda.

Ketika membuka sendiri toko kerajinan pasti membutuhkan tempat untuk dibangun toko tersebut. Bangunan tersebut bisa anda sewa maupun membelinya.

Atau apabila sedang memiliki budget yang minim maka bisa menggunakan rumah sendiri untuk mendirikan toko kerajinan tangan anda.

#3 Online Shop

Saran selanjutnya sebagai ide untuk memasarkan hasil kerajinan tangan anda adalah menjualnya secara online disebuah online shop buatan atau marketplace.

Membuat toko online akan semakin baik apabila beriringan dengan cara nomer dua, sehingga ada toko “real” selain yang disediakan secara online.

Tetapi, tanpa point nomer dua pun mendirikan online shop untuk produk kerjainan tangan anda masih sah-sah saja.

Selain gratis dan mudah, online shop juga dinilai efektif untuk menjangkau pembeli yang bisa saja tersebar di seluruh Indonesia untuk menemukan produk yang anda miliki.

Anda dapat membaca berbagai cara dan tips yang ada di Internet untuk tips berjualan secara online salah satunya telah di ulas dalam artikel usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

#4 Stan Bazar

Ide penjualan kerajinan tangan anda yang selanjutnya adalah dengan melakukan penjualan di bazar. Bazaar adalah sebutan untuk suatu pasar dadakan yang ada untuk meramaikan suatu event.

Bazar juga salah satu langkah yang tepat untuk menggenjot nilai penjualan anda. Ketika bazar banyak sekali orang-orang yang berlalu lalang dan ini merupakan kesempatan paling bagus untuk upaya promosi pengenalan produk kerajinan anda.

Biasanya penyelenggara acara membuka stan-stan bazar baik secara gratis maupun membayar untuk sewa petak. Yang harus dilakukan adalah selalu update dengan berita terkait event-event atau acara yang akan diselenggarakan oleh para event organiser di sekitar anda.

#5 Shipping ke toko-toko

Ide menjual kerajinan kreatif selanjutnya adalah melakukan shipping ke toko-toko. Sederhananya adalah anda menitipkan hasil kerajinan tangan langsung di toko-toko yang mana menjual baik barang kerajinan tangan maupun non kerajinan tangan.

Disinilah anda harus proaktif untuk menawarkan menitipkan kerajinan tangan di toko-toko dan terkait harga anda bisa memberikan harga dasar sendiri serta mengizinkan toko untuk menentukan keuntungannya atau bisa juga dengan menerapkan sistem bagi hasil.

Itulah beberapa ide dan saran yang bisa anda terapkan untuk menjual hasil kerajinan tangan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat!

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *