Beragam Produk Pinjaman Bank Syariah Mandiri Untuk Aneka Kebutuhan

Apakah bisa pinjam uang di bank mandiri syariah?

Saat ini, terdapat dua jenis bank yang ada di Indonesia, yaitu konvensional dan syariah yang sama-sama memiliki produk keuangan unggulan yang ditawarkan untuk nasabah. Diantara produk-produk yang ditawarkan pun, berbagai bank tersebut memberikan pinjaman sebagai modal maupun pemenuhan kebutuhan yang lain.

Namun yang pasti, kedua jenis bank tersebut memiliki perbedaan mendasar atas konsep yang diberlakukan.

Bank syariah adalah bank yang menganut konsep dasar sesuai denga  aturan islam, maka dari itu tidak ada istilah bunga pinjaman dalam bank jenis ini, karena pada dasarnya dalam islam tidak memperbolehkan adanya pinjaman dengan bunga yang memberatkan para peminjamnya.

Oleh karena itu, konsep pinjaman dari bank syariah tersebut disesuaikan dengan kemitraan yang dimiliki atas aktivitas bisnis para peminjamnya dengan azas keadilan dan kesetaraan.

Akad atau perjanjian yang dimiliki bank syariah dengan peminjamnya pun menganut hukum islam, dimana terdapat rukun dan syarat, yang terdiri dari penjual, pembeli, ijab qobul, harga dan barang. Sedangkan syarat dari akad adalah sifat dari harga dan jasa harus lah halal serta harga yang harus jelas.

Bank syariah yang ada di Indonesia memiliki 3 produk unggulan yang terdiri dari produk penghimpun dana, penyaluran dana, dan jasa perbankan.

Kali ini juga yang akan menjadi bahasan adalah produk penyaluran dana dari bank syariah. Salah satu bank syariah di Indonesia yang memberikan penawaran produk penyaluran dana kepada nasabah adalah bank syariah mandiri.

Baca Juga  Pinjam Uang 10 Juta di Bank BRI Tanpa Jaminan Secara Online Proses Mudah

Bank ini merupakan bank terbesar di Indonesia dengan produk-produk yang dapat dipercaya bagi para nasabah yang ingin mengajukan pinjaman bank syariah mandiri. Ada pun produk penyaluran dana yang diberikan bank syariah kepada nasabahnya adalah sebagai berikut:

1. Bank Syariah Mandiri Implan

Produk pinjaman bank syariah mandiri ini menawarkan pembiayaan bagi nasabah dalam bentuk valuta rupiah yang diberikan oleh bank kepada karyawan tetap perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara massal atau kelompok.

Pinjaman bank syariah mandiri yang satu ini mampu memberikan akomodir terhadap setiap kebutuhan yang dimiliki oleh karyawan tetap tersebut. Akad dari BSM Implan yang digunakan adalah akad wakalah wal muraabahah untuk pembelian barang, sedangkan untuk pemanfaatan jasa adalah akad wakalah wal ijarah.

2. Pembiayaan peralatan kedokteran

Produk pinjaman yang ini adalah produk untuk para profesional dalam bidang kedokteran atau kesehatan, serta memberikan kemudahan terhadap para pelaku kesehatan dalam memperoleh peralatan yang dibutuhkan, karena bank syariah mandiri menyediakannya dengan cara membelikannya ke supplier.

Dalam pinjamam ini akad yang digunakan adalah  akad murabahah dengan menjualnya kepada nasabah sesuai harga pokok ditambah keuntungan yang telah menjadi kesepakatan bersama.

3. Pembiayaan edukasi bank syariah mandiri

Memberikan dana pinjaman yang kemudian bisa digunakan oleh peminjamnya untuk membayar biaya pendidikan untuk perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan lainnya, serta sebagai pemenuhan biaya awal semester atau tahun ajaran baru yang biasanya membutuhkan biaya yang besar. Akad yang digunakan dalam pinjaman ini adalah akad ijarah

Baca Juga  Persyaratan & Perhitungan Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo

4. Pembiayaan kepada pensiunan

Program ini diberikan kepada para pensiunan untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya, yang kemudian cicilan yang dibayarkan akan diambilkan dari dana pensiunan, dimana dana ini diambil secara langsung oleh bank syariah setiap bulannya. Akad yang digunakan adalah murabahah dan ijarah.

5. Pembiayaan kepada koperasi karyawan untuk para anggotanya

Pinjaman ini diberikan melalui pinjaman koperasi karyawan untuk anggotanya yang ingin melakukan pinjaman. Sehingga, anggota melakukan pinjaman secara kolektif ke koperasi karyawan tempatnya terdaftar.

6. Pembiayaan griya BSM

Dana pinjaman untuk pembiayaan angsuran jangka pendek, menengah, panjang atas pembelian rumah dari peminjam. Akad yang digunakan adalah murabahah.

7. Pembiayaan griya BSM bersubsidi

Dana pinjaman ini diperuntukkan untuk nasabah yang melakukan pembelian rumah sederhana sehat dengan fasilitas subsidi pemerintah. Akad yang digunakan adalah akad murabahah.

8. Pembiayaan kendaraan bermotor

Dana yang dipinjamkan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan akad murabahah.

9. Pembiayaan umroh

Pinjaman ini adalah pembiayaan jangka pendek yang bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan perjalanan umroh dengan akad ijarah

10. Pembiayaan talangan haji

Pinjaman bank syariah mandiri ini diperuntukkan bagi nasabah untuk menutupi dana haji yang belum terlunasi untuk memperoleh kursi dan pada saat pelunasan BPIH.

11. BSM gadai emas

Pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai alternatif untuk mendapatkan uang tunai secara cepat.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Resmi Yang Terdaftar OJK

12. BSM cicil emas

Program pinjaman ini digunakan sebagai pembiayaan atas pembelian secara angsuran untuk emas batangan.

Jadi, mana kah program pinjaman bank syariah mandiri  yang sesuai dengan anda? Dengan pinjaman syariah, anda tidak perlu takut lagi dengan proyeksi pembayaran yang meleset, karena semuanya akan dijelaskan di awal, tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Written by Chabib Azizah

Penulis artikel tentang dunia bisnis, keuangan dan perbankan