Syarat Mengajukan Pinjaman Uang Dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank

Pinjaman uang jaminan sertifikat rumah

Kebutuhan perorangan tidak bisa diprediksi dan tidak akan ada habisnya Bagi mereka yang gemar menabung kebutuhan mendadak dalam jumlah yang besar mungkin saja tidak akan menjadi masalah.

Tetapi, bagi sebagian orang kebutuhan mendadak dengan nominal yang fantastis akan menjadi masalah berat yang harus segera dicarikan jalan keluarnya, misalkan saja biaya kesehatan, biaya pembangunan atau renovasi rumah, modal bisnis, biaya pendidikan anak yang semakin mahal dan lain sebagainya.

Beberapa bank dan juga lembaga keuangan menyediakan jasa layanan kredit bank dengan jaminan sertifikat barang kepemilikan seperti rumah. Pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah bisa menjadi alternatif saat permasalahan finansial menghimpit.

Agar lebih aman, pinjam uang dengan sertifikat rumah akan lebih baik jika dilakukan di bank daripada di lembaga keuangan lain.

Hampir seluruh bank konvensional menyediakan layanan ini. Sebut saja BRI, BNI. Mandiri, BTN, BCA dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih, cermati fasilitas yang disediakan masing-masing bank sebelum akhirnya Anda menjatuhkan pilihan pada bank tertentu.

Dapatkan informasi yang detail mengenai jumlah plafon yang diberikan apakah mencukupi kebutuhan atau tidak, besar cicilan bulanan, dan juga bunga yang harus dibayar.

Syarat mengajukan pinjaman di bank dengan agunan sertifikat

Lalu, apa saja yang harus diketahui untuk pinjam uang dengan jaminan sertifikat rumah? Simak uraiannya berikut ini:

  • Formulir aplikasi yang diisi lengkap dan jujur oleh debitur
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KTP
  • Fotokopi rekening tabungan
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi SIUP, SITU dan TDP
  • Fotokopi SHM dan IMB
  • Pas foto berwarna terbaru
Baca Juga  Pinjam Uang 50 Juta Cepat Cair Tanpa Jaminan & Kartu Kredit

Syarat tersebut adalah syarat umum yang diajukan oleh semua pihak bank. Bank tertentu akan mengajukan syarat tambahan seperti slip gaji untuk para pegawai ataupun surat ijin praktek untuk profesional.

Akan tetapi dalam hal ini yang paling penting adalah SHM dan IMB yang merupakan bukti kepemilikan atas agunan yang berbentuk rumah.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya kenapa persyaratan tersebut meliputi slip gaji? Bukankah sudah ada agunan berupa sertifikat rumah? Jawabannya sederhana, slip gaji membuktikan bahwa debitur mempunyai pekerjaan tetap atau tidak dimana penghasilan tersebut dipakai untuk membayar angsuran bulanan.

Cara pinjam uang di bank dengan jaminan sertifikat rumah

Jika Anda memilih untuk meminjam uang di bank dengan jaminan sertifikat rumah, proses ini tidak akan selesai dalam sehari.

Di hari pertama akan lebih baik jika Anda menanyakan informasi seputar besarnya plafon yang disediakan, bunga, dan juga cicilan bulanannya. Setelah cocok, Anda bisa membawa kelengkapan dokumentasi seperti disebutkan diatas pada hari kedua.

Setelah dokumentasi diterima, pihak bank akan mengadakan verifikasi dengan melakukan survey lapangan dan juga meninjau kelayakan kondisi rumah. Setelah disetujui oleh pihak bank maka kredit akan segera dicairkan.

Jangka waktu pencairan

Lama tidaknya proses pencairan di masing-masing bank berbeda-beda. Hal ini sangat tergantung pada kelengkapan dokumentasi debitur, kinerja dari pihak bank terkait dan juga survey lapangan yang dilakukan.

Baca Juga  Pinjaman Uang Online Cepat Cair Terpercaya & Terbaik 2023 Resmi OJK

Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda adalah debitur lama pada bank tertentu dan meminjam pada bank itu pula. Ini akan mempersingkat waktu sebab data Anda sudah disimpan oleh pihak bank sehingga tidak perlu proses input data lagi yang cukup menghabiskan waktu.

Demikian uraian singkat tentang pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah. Jika Anda cermat memilih bank, fasilitas ini akan sangat menguntungkan bagi Anda tanpa menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

Baca juga info seputar keuangan tentang cara mengelola dana pinjaman dari bank dan pinjol resmi OJK 2023 cepat cair

Written by Micko Ananta

Blogger dengan pengalaman dalam SEO dan pengolahan konten di website dan media sosial dari salah satu perusahaan telekomunikasi selama 3 tahun di Jakarta.