in

Pinjaman Dana Jaminan KTP di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Terdekat

Pinjaman dana jaminan KTP dan KK koperasi simpan pinjam terdekat

Cara mendapatkan pinjaman dari koperasi simpan pinjam atau KSP dengan jaminan KTP saja sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan suatu aset berharga sebagai agunan.

Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan finansial berbasis teknologi alias fintech yang memberikan pinjaman online langsung cair tanpa jaminan, namun eksistensi koperasi masih tetap dipandang sebagai lembaga keuangan paling akrab dengan masyarakat.

Bagi kaum milenial mungkin sudah sangat jarang mendengar, atau membicarakan tentang KSP sehingga mereka kurang memahami begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari koperasi.

Koperasi simpan pinjam terdekat sebagai solusi pinjaman uang tanpa jaminan

Beberapa dekade yang lalu masyarakat masih banyak yang mengandalkan pinjaman mingguan koperasi terdekat sebagai solusi mendapatkan dana talangan karena proses yang cukup mudah.

Realitanya, sampai hari ini meskipun sudah banyak program-program dana kredit yang dikucurkan oleh pemerintah seperti KUR BRI 2021, BRIGUNA KARYA dll, namun peran KSP tetap banyak di idolakan oleh masyarakat.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipahami tentang pinjaman koperasi.

Persyaratan mengajukan pinjaman di KSP

Secara umum apabila menjadi anggota koperasi akan sangat menguntngkan karena bisa mendapatkan banyak kemudahan ketika akan mengajukan pinjaman dana jaminan KTP saja.

Untuk itu disini lebih disarankan calon debitur supaya masuk keanggotaan koperasi terlebih dahulu dengan syarat sebaagai berikut:

  • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mengenrti bahwa keanggotaan ini bersifat perorangan
  • Bersedia membayar simpanan pokok & wajib
  • Menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT), khususnya mengenai anggaran koperasi berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), dan ketentuan yang berlaku lainnya di dalam koperasi

Setelah resmi menjadi bagian atau anggota koperasi, selanjutnya perlu memahami syarat apa saja yang dibutuhkan jika ingin mengajukan pinjaman dana di koperasi:

  • Sudah sah memiliki status keanggotaan
  • Melengkapi formulir pengajuan pinjaman
  • Untuk pinjaman di atas 50 juta harus melampirkan NPWP
  • e-KTP suami/istri jika sudah menikah
  • KK (kartu keluarga)
  • Melampirkan berkas berkas pendukung jika mengajukan pinjaman dana dengan nilai yang besar untuk keperluan bisnis seperti slip gaji, rekening koran, atau surat berharga sebagai jaminan.

Selanjutnya mengisi proposal pengajuan pinjaman dana beserta kepentingan penggunaan dana tersebut.

Proposal pengajuan pinjaman dana itu nantinya akan diperiksa oleh pengurus koperasi.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan calon debitur dan mempertimbangkan apakah pengajuan tersebut bisa di acc.

Apabila pengajuan disetujui maka dana akan segera dicairkan dengan membuat kontrak tentang metode pengembalian beserta perhitungan bunga, cicilan, denda keterlambatan berdasarkan kesepakatan yang dibuat.

Pinjaman bank keliling mingguan dan bulanan

Bagaimana dengan istilah bank keliling bulanan atau mingguan yang mana hal ini sudah sangat akrab dengan masyarakat dengan pinjaman uang tanpa jaminan?

Padahal sesungguhnya tidak ada lembaga perbankan yang menjalankan praktek pemberian dana kredit dengan istilah ini.

Justru yang paling banyak beroperasi memberikan pinjaman uang dengan nama pinjaman bank keliling adalah perusahaan keuangan yang mengatasnamakan koperasi simpan pinjam (KSP).

Pinjaman mingguan koperasi terdekat

Nah untuk yang satu ini juga bukan hal yang asing lagi dan secara umum sudah diketahui bahwa jenis pinjaman mingguan koperasi memang benar-benar program pinjaman keuangan yang paling banyak di jalankan oleh lembaga koperasi.

Nasabah atau debiturnya yang mayoritas adalah masyarakat dengan penghasilan buruh harian.

Akan tetapi perlu diwaspadai bahwa banyak juga pelaku pinjaman rentenir yang beroperasi dengan kedok ini.

Banyak sekali alamat rentenir uang dan nomor telepon rentenir yang disebar melalui selebaran atau SMS dengan tawaran sebagai tempat pinjam uang pribadi proses mudah tanpa jaminan langsung cair.

Praktik rentenir online yang semakin tumbuh dan tidak bisa diberhentikan juga karena minat masyarakat sendiri yang masih begitu besar sebagai cara paling mudah dan cepat untuk memperoleh dana pinjaman tanpa syarat yang ribet.

Written by Chabib Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *