Pinjaman Dana Jaminan KTP di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Terdekat

Pinjaman dana jaminan KTP dan KK koperasi simpan pinjam terdekat

Cara mendapatkan pinjaman dari koperasi simpan pinjam atau KSP dengan jaminan KTP saja sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan suatu aset berharga sebagai agunan.

Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan finansial berbasis teknologi alias fintech yang memberikan pinjaman online langsung cair tanpa jaminan, namun eksistensi koperasi masih tetap dipandang sebagai lembaga keuangan paling akrab dengan masyarakat.

Bagi kaum milenial mungkin sudah sangat jarang mendengar, atau membicarakan tentang KSP sehingga mereka kurang memahami begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari koperasi.

Koperasi simpan pinjam terdekat sebagai solusi pinjaman uang tanpa jaminan

Beberapa dekade yang lalu masyarakat masih banyak yang mengandalkan pinjaman mingguan koperasi terdekat sebagai solusi mendapatkan dana talangan karena proses yang cukup mudah.

Realitanya, sampai hari ini meskipun sudah banyak program-program dana kredit yang dikucurkan oleh pemerintah seperti KUR BRI 2023, BRIGUNA KARYA dll, namun peran KSP tetap banyak di idolakan oleh masyarakat.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipahami tentang pinjaman koperasi.

Persyaratan mengajukan pinjaman di KSP

Secara umum apabila menjadi anggota koperasi akan sangat menguntngkan karena bisa mendapatkan banyak kemudahan ketika akan mengajukan pinjaman dana jaminan KTP saja.

Untuk itu disini lebih disarankan calon debitur supaya masuk keanggotaan koperasi terlebih dahulu dengan syarat sebaagai berikut:

  • Seorang Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mengenrti bahwa keanggotaan ini bersifat perorangan
  • Bersedia membayar simpanan pokok & wajib
  • Menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT), khususnya mengenai anggaran koperasi berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), dan ketentuan yang berlaku lainnya di dalam koperasi

Setelah resmi menjadi bagian atau anggota koperasi, selanjutnya perlu memahami syarat apa saja yang dibutuhkan jika ingin mengajukan pinjaman dana di koperasi:

  • Sudah sah memiliki status keanggotaan
  • Melengkapi formulir pengajuan pinjaman
  • Untuk pinjaman di atas 50 juta harus melampirkan NPWP
  • e-KTP suami/istri jika sudah menikah
  • KK (kartu keluarga)
  • Melampirkan berkas berkas pendukung jika mengajukan pinjaman dana dengan nilai yang besar untuk keperluan bisnis seperti slip gaji, rekening koran, atau surat berharga sebagai jaminan.

Selanjutnya mengisi proposal pengajuan pinjaman dana beserta kepentingan penggunaan dana tersebut.

Proposal pengajuan pinjaman dana itu nantinya akan diperiksa oleh pengurus koperasi.

Baca Juga  Pinjaman Uang Online Cepat Cair Terpercaya & Terbaik 2023 Resmi OJK

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan calon debitur dan mempertimbangkan apakah pengajuan tersebut bisa di acc.

Apabila pengajuan disetujui maka dana akan segera dicairkan dengan membuat kontrak tentang metode pengembalian beserta perhitungan bunga, cicilan, denda keterlambatan berdasarkan kesepakatan yang dibuat.

Pinjaman koperasi tanpa jaminan mudah dan gak kuno

Dikarenakan loyalitas yang terjaga anggota koperasi yang memiliki kepercayaan, tak heran jika saat ini, koperasi masih menjadi tujuan utama pengajuan pinjaman masyarakat di berbagai daerah. Jenis koperasi yang paling populer di Indonesia yaitu koperasi simpan pinjam.

Alasan mengapa masyarakat menyukai pinjaman koperasi?

1. Bunga yang lebih terjangkau

Bunga yang diterapkan oleh koperasi tidak kalah dengan pinjaman bank. Kementrian Koperasi dan UKM menetapkan suku bunga pinjaman di koperasi sebesar 7% per tahun.

Suku bunga tersebut sama dengan sama dengan angka suku bunga pada KUR alias Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh bank konvensional.

2. Syarat yang lebih mudah daripada bank

Syarat pinjaman di koperasi jauh lebih mudah dibandingkan pinjaman di bank. Terlebih lagi jika kamu mempunyai relasi di koperasi tersebut, kamu bisa mendapatkan rekomendasi untuk dapat pinjaman di koperasi.

Untuk lebih mudahnya lagi, kamu bisa mendaftar menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Tidak sedikit koperasi yang menyediakan pinjaman tanpa agunan, selain itu prosesnya juga cepat.

3. Dapat SHU setiap tahun

Kalau kamu berencana untuk tidak cuma meminjam saja, kamu juga bisa menjadi anggota dan mendapat SHU setiap tahunnya.

SHU adalah sisa hasil usaha yang bakal dibagikan sesuai kesepakatan di awal yang dibagikan setiap tahun. Secara tidak langsung kamu seperti lagi berinvestasi di koperasi.

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman di koperasi, kamu juga harus perhatikan metode pembayaran pinjaman yang berlaku di sana. Terdapat tiga metode yang ditawarkan koperasi untuk pengembalian dana yang kamu pinjam.

1. Pembayaran Harian

Pinjaman koperasi dengan pembayaran harian adalah fasilitas pinjaman yang diberikan bagi nasabah atau anggota dimana jadwal pengembalian dana pinjaman dilakukan setiap harinya.

Layanan semacam ini biasanya diberikan bagi pengusaha mikro mulai dari pedagangan warung kelontong, pedagang kaki lima, hingga pedagang pasar.

2. Pembayaran Mingguan

Metode pembayaran dengan cicilan mingguan juga banyak diterapkan oleh koperasi yang menargetkan debitur kalangan pekerja yang menerima gaji setiap seminggu sekali.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Resmi Yang Terdaftar OJK

Biasanya pinjaman koperasi bayar mingguan diberikan bagi kalangan pekerja buruh harian lepas, pekerja bangunan seperti tukang, maupun ibu rumah tangga yang suaminya memiliki penghasilan yang diterima setiap minggunya.

3. Pembayaran Bulanan

Pinjaman koperasi online tanpa jaminan dengan metode pembayaran bulanan lebih luas lagi targetnya.

Fasilitas pinjaman yang mereka tawarkan dapat diajukan oleh hampir semua status pekerjaan baik pedagang, sopir truk, hingga pekerja swasta yang menerima gaji setiap bulan.

Dengan begitu, pinjaman koperasi dengan pembayaran bulanan biasanya mewajibkan nasabah untuk menyetorkan cicilan atau angsuran melalui teller.

Sementara, metode pembayaran harian dan mingguan biasanya melakukan penagihan secara langsung dengan metode door to door.

Pinjaman bank keliling mingguan dan bulanan

Bagaimana dengan istilah bank keliling bulanan atau mingguan yang mana hal ini sudah sangat akrab dengan masyarakat dengan pinjaman uang tanpa jaminan?

Padahal sesungguhnya tidak ada lembaga perbankan yang menjalankan praktek pemberian dana kredit dengan istilah ini.

Justru yang paling banyak beroperasi memberikan pinjaman uang dengan nama pinjaman bank keliling adalah perusahaan keuangan yang mengatasnamakan koperasi simpan pinjam (KSP).

Pinjaman mingguan koperasi terdekat

Nah untuk yang satu ini juga bukan hal yang asing lagi dan secara umum sudah diketahui bahwa jenis pinjaman mingguan koperasi memang benar-benar program pinjaman keuangan yang paling banyak di jalankan oleh lembaga koperasi.

Nasabah atau debiturnya yang mayoritas adalah masyarakat dengan penghasilan buruh harian.

Akan tetapi perlu diwaspadai bahwa banyak juga pelaku pinjaman rentenir yang beroperasi dengan kedok ini.

Banyak sekali alamat rentenir uang dan nomor telepon rentenir yang disebar melalui selebaran atau SMS dengan tawaran sebagai tempat pinjam uang pribadi proses mudah tanpa jaminan langsung cair.

Praktik rentenir online yang semakin tumbuh dan tidak bisa diberhentikan juga karena minat masyarakat sendiri yang masih begitu besar sebagai cara paling mudah dan cepat untuk memperoleh dana pinjaman tanpa syarat yang ribet.

Lembaga penyedia pinjaman koperasi tanpa jaminan di Indonesia, di antaranya:

1. Pinjaman Koperasi UGT Sidogiri

Salah satu koperasi yang menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan yaitu koperasi BMT UGT Sidogiri.

Baca Juga  Kredit Tanpa Agunan KTA BNI, Mandiri dan BCA Dengan Bunga Rendah

Fasilitas Multi Guna ditawarkan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai anggota koperasi UGT Sidogiri. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, modal usaha, hingga bisa pula dimanfaatkan sebagai sumber pembayaran hutang yang telah dimiliki.

2. Pinjaman Koperasi Mapan Indoensia

Pinjaman koperasi tanpa jaminan bisa pula anda ajukan melalui Koperasi Mapan Indonesia. Bahkan saat ini Koperasi Mapan menjadi salah satu koperasi yang menawarkan layanan secara online sehingga anggota dapat mengajukan pinjaman koperasi online tanpa agunan dengan mengunjungi situs web resmi.

Prosedur pengajuan pinjaman sendiri diawali dengan mengisi formulir pengajuan secara online serta melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan mulai dari KTP, NPWP atau Jamsostek, slip gaji, dan sebagainya.

3. Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati

Pilihan selanjutnya yakni Koperasi Simpan Pinjam Mitra Sejati (KSPSMS) yang didirikan oleh Sampoerna Group.

KSPSMS ini sudah ada sejak tahun 2009. Hingga saat ini, cabangnya bahkan sudah mencapai 112 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah pinjaman yang diberikan juga beragam, tergantung kebutuhanmu.

Maksimal pinjaman yang ditawarkan mencapai Rp1 miliar. Sama seperti Koperasi Mapan, KSPSMS ini menerapkan sistem online. Jadi, kamu bisa langsung kunjungi situs resminya. Koperasi ini membiayai peminjaman untuk usaha dan pembelian sepeda motor dan mobil (kredit kendaraan bermotor).

4. Koperasi Dana Rahayu

Sejak berdiri pada 1996, Koperasi Dana Rahayu masih tetap berjaya hingga sekarang. Koperasi Dana Rahayu telah bekerjasama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) swasta, dan koperasi offline.

Koperasi ini memiliki pinjaman koperasi online tanpa jaminan yang berpusat di Bali. Program pinjaman koperasi online yang dimiliki terbagi menjadi tiga yakni untuk pembiayaan kredit usaha, kredit sepeda motor, dan kredit serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhanmu.

5. Koperasi Lima Garuda

Meski terbilang masih baru, tapi Koperasi Lima Garuda ini sudah memiliki cabang di beberapa kota besar.

Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan Koperasi Lima Garuda, yakni kredit mitra usaha untuk pinjaman modal usaha yang limitnya mencapai Rp1 miliar dan kredit serbaguna dengan limit Rp2 miliar yang bisa digunakan kapan saja.

Ketersediaan pinjaman koperasi tanpa jaminan memudahkan setiap orang mengakses produk kredit secara cepat dan efektif. Selamat mencoba sobat!

Written by Chabib Azizah

Penulis artikel tentang dunia bisnis, keuangan dan perbankan