in

Apa Yang Di Maksud Perusahaan Ekstraktif & Agraris Beserta Contoh

Jenis jenis perusahaan di Indonesia

Mengulas tentang perusahaan agraris dan perusahaan ekstraktif, secara umum masih banyak yang mengatakan bahwa antara keduanya memiliki kesamaan.

Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu perbedaan badan usaha dengan perusahaan dipandang dari proses sebuah produksi maka antara keduanya hampir tidak memiliki perbedaan.

Akan tetapi arti sebenarnya proses produksi perusahaan adalah menghasilkan suatu barang atau jasa yang nantinya dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan untuk kegiatan badan usaha ialah bertujuan hanya menghasilkan keuntungan.

Jenis jenis perusahaan beserta definisinya

Dalam penjabaran yang luas, perusahaan itu sendiri terbagi dalam 5 jenis diantaranya adalah:

Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang melangsungkan kegiatannya dengan mengambil dan memanfaatkan hasil-hasil kekayaan alam. Misalnya, perusahaan pertambangan dan penangkapan ikan di lautan bebas.

Industri ekstraktif memiliki tujuan untuk mengolah sumberdaya alam agar menjadi barang-barang yang bermanfaat bagi manusia, atau menciptakan produk yang dapat berfungsi bagi kebutuhan manusia.

Adapun tujuan dari industri ekstraktif yang lebih rinci adalah sebagai berikut:

  • Mengolah kekayaan alam menjadi berbagai barang yang bermanfaat
  • Membuka lapangan pekerjaan
  • Menambah keuntungan
  • Menyediakan berbagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia

Nah, itulah beberapa tujuan diadakannya industri ekstraktif di suatu negara. Industri ekstraktif tidak hanya bermanfaat bagi produsen saja, namun juga bagi berbagai pihak.

Perusahaan Agraris

Perusahaan agraris adalah yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam. Misalnya, perusahaan agro industri, perusahaan perkebunan, dan perusahaan perikanan darat.

Ciri ciri yang dimiliki oleh perusahaan agraris diantaranya:

  • Mengelola sumber daya alam
  • Perusahaan tersebut mengambil hasil dari pengeolaannya untuk dijual dan untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan.
  • Perusahan tersebut dapat membudidayakan sumber daya alam yang diolahnya tersebut.

Hasil produk agraris bisa berupa bahan mentah ataupun barang siap konsumsi seperti hasil pertanian.

Perusahaan Industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Misalnya perusahaan pakaian dari bahan kain atau perusahaan sepatu dari bahan kulit hewan.

Perusahaan Niaga atau Perdagangan

Perusahaan niaga adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran atau jual beli barang dari produsen kepada konsumen. Misalnya toko, grosir, serta perusahaan ekspor dan impor.

Perusahaan Jasa

Perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa disebut Perusahaan jasa. Seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan pos dan giro, perbankan, dan asuransi.

 

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *