in

5 Tips Keuangan yang Perlu Diperhatikan Saat Merencanakan Membuka Usaha

Perencanaan KEUANGAN dalam kewirausahaan

Setelah sebelumnya kita pernah membahas tentang Plus Minus Jadi Pegawai atau Mengembangkan Bisnis, sekarang kita akan membahas cara membuka usaha agar tidak mengganggu kesehatan keuangan.

Seorang pengusaha sering memiliki ide bisnis yang luar biasa, mereka juga memiliki keberanian dalam mengambil risiko.

Tapi terkadang mereka kurang cermat dalam mengatur keuangan, sehingga usaha mereka pada akhirnya terbengkalai dan hancur. Berikut kita akan bahas bagaimana cara membuka usaha tanpa mengganggu kesehatan keuangan:

Tips bijak keuangan ketika akan memulai sebuah bisnis atau usaha

1. Pelajari Bisnis yang Akan Dijalankan

Untuk menjalankan suatu usaha, kita pelajari terlebih dahulu cara atau sistem usaha dan strateginya. Informasi yang harus kita pelajari yaitu :

  • Target atau sasaran konsumen.
  • Melatih skill atau pengetahuan dalam bidang usaha yang akan dijalani.
  •  Kenali kompetitor atau pesaing dalam usaha tersebut.
  • Memilih tempat yang strategis untuk menjalankan usaha
  • Dan jangan lupa kita pelajari juga risiko dari usaha tersebut, agar kita tahu bagaimana cara mengatasinya.

Simak juga info seputar peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil serta ulasan menarik lainnya tentang tips memulai usaha sampingan agar menghasilkan

2. Persiapkan Modal

Modal bisa didapat dari beberapa sumber, yaitu dari hasil tabungan selama bekerja atau usaha lain, bisa juga didapat dari penghasilan atau gaji bagi yang masih bekerja.

Kesehatan keuangan juga perlu dijaga supaya jangan sampai kebutuhan dana darurat, investasi, dan rasio aset/hutang menjadi tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan keuangan menggunakan rasio financial check up untuk lebih jelas bisa lihat disini

3. Jangan Berhutang

Bagi yang baru mau mulai menjalankan bisnis, usahakan kita jangan berhutang apalagi hutang kartu kredit untuk modal usaha.

Karena jika baru menjalankan sebuah usaha belum tentu kita langsung mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan, bisa jadi hanya balik modal atau bahkan tidak menutup modal. Sehingga jika masih memiliki hutang untuk modal usaha maka hanya akan menggaggu keuangan kita, dan kita akan terperangkap dalam lingkaran hutang (gali lubang tutup lubang).

4. Siapkan Dana Darurat

Dalam usaha apapun pasti ada yang namanya risiko, jadi untuk mengatasi risiko tersebut kita perlu menyiapkan dana darurat.

Risiko disini bisa terjadi dari berbagai hal, bisa dari kesalahan dalam menjalankan usaha sehingga terjadi sedikit kendala dan membutuhkan biaya operasional tambahan, atau perlengkapan/peralatan yang kita gunakan mengalami kerusakan sehingga butuh biaya service atau mengganti perlengkapan/peralatan yang rusak tersebut.

5. Atur Cash Flow

Setelah menyiapkan modal dan dana darurat, jangan lupa atur cash flow pada saat menjalankan usaha.

Agar tidak terjadi cash flow negatif atau biasa kita sebut dengan “besar pasak daripada tiang”, yaitu pengeluaran lebih besar dari pemasukan yang bisa mengakibatkan defisit.

Oleh karena itu kita harus terus menulis pengeluaran sekecil apapun. Karena pengeluaran yang tidak tertulis meski sedikit lama-lama akan menjadi banyak, itu yang dinamakan bocor halus dan hal tersebut bisa membahayakan keuangan Anda.

Itu tadi 5 Hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha, bagi Anda yang sudah memiliki ide bisnis bisa langsung terapkan tips di atas agar kesehatan keuangan Anda tetap aman pada saat membuka usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *