in

Strategi Agar Produk Kerajinan Tangan Anda Dapat Bersaing

Strategi persaingan produk kerajinan tangan

Berbisnis kerajinan tangan memang memiliki potensi yang bagus. Kerajinan yang dibuat oleh tangan dan bukan dari mesin umumnya memiliki nilai plus tersendiri.

Kerajinan tangan seperti vas bunga, pot, tas, sepatu, hiasan dinding, anyaman, dan lain sebagainya merupakan komoditas suatu daerah yang umumnya digunakan untuk oleh-oleh.

Tidak hanya untuk oleh-oleh, kerajinan tangan juga dimanfaatkan untuk manfaat praktis kebutuhan sehari-hari tanpa meninggalan kesan seni dan keindahan dari kerajinan itu sendiri.

Tetapi tidak dapat dipungkiri, anda tentu bukanlah satu-satunya yang memiliki bisnis kerajinan tangan.

Sebenarnya bisnis apapun pasti memiliki pesaing, karena kita berada di negara yang menganut pasar bebas dan bukannya perekonomian yang memungkinkan untuk monopoli.

Cara memenangkan persaingan usaha kerajinan tangan

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mampu berkompetisi ditengah-tengah persaingan pasar? Ada beberapa cara cerdas yang bisa anda ikuti dengan tips tips jitu antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Memiliki brand anda sendiri

Brand atau merek itu penting adanya untuk suatu produk. Ia merupakan citra, image, tanda, istilah, dan simbol yang mana menjadi pembeda dan memudahkan untuk identifikasi antara produk satu dengan yang lainnya.

Selama ini banyak sekali pengusaha kerajinan tangan yang mengabaikan pemilihan nama merk dan brand, bahkan lebih parahnya tidak memberikan atau mencantumkan brand sama sekali pada produknya.

Maka dari itu penting bagi sekali untuk memberi nama atas produk hasil karya anda.

Berikan merek atau nama yang mengisyaratkan tentang perusahaan anda, ciri khas usaha anda, serta suatu nama yang mudah di ingat serta unik.

Adanya brand bisa menarik semakin banyak pembeli dan memudahkan mereka untuk membeli kembali produk tersebut di waktu mendatang.

#2 Ciri khas produk

Yang selanjutnya harus di pikirkan adalah membuat ciri khas yang dimiliki produk kerajinan tangan anda.

Karena umumnya produk kerajinan tangan adalah untuk buah tangan atau oleh-oleh, maka sebaiknya anda melihat peluang ini juga untuk menciptakan ciri khas produk yang mana berhubungan dengan potensi daerah yang anda tinggali.

Misalnya, anda merupakan pengusaha kerajinan tangan yang berdomisili di kota Batu. Anda bisa mengambil ini sebagai ciri khas produk anda yang memanfaatkan potensi daerah misalnya membuat kerajinan dengan motif buah apel, yang notabene nya adalah buah khas kota Batu.

Meskipun memanfaatkan potensi daerah, anda tetap bisa membuat ciri khas lain yang mana sangat menyiratkan bahwa produk tersebut adalah produk yang hanya dibuat oleh perusahaan anda.

#3 “Smooth Product”

Point ketiga ini merupakan point penting agar usaha anda dapat bersaing ditengah-tengah banyaknya usaha kerajinan tangan.

Anda harus mampu membuat kerajinan tangan yang “smooth” meskipun dikerjakan oleh tangan. Banyak sekali ditemui dipasaran hasil hasil kerajinan tangan yang terkesan tidak rapi dan buru buru pembuatannya baik dari segi jahitan, lem, pewarnaan, dan lain sebagainya.

Upayakan mampu menciptakan produk unggulan yang tidak kalah dengan pengerjaan produk yang dikerjakan oleh mesin, Itulah inti dari smooth product.

#4 Menggencarkan promosi

Selain telah memaksimalkan cara-cara yang ada diatas, selanjutnya adalah  dengan menggencarkan promosi dengan strategi pemasaran produk kerajinan tangan yang tepat.

Promosi tentu saja bertujuan untuk membuat produk tersebut terlihat dan diperhatikan oleh setiap calon pembeli anda.

Saat ini banyak sekali cara-cara promosi yang bisa anda lakukan, dan semakin mudah semenjak hadirnya sosial media.

Tanpa adanya promosi yang mumpuni, mustahil produk anda akan dikenal oleh masyarakat luas. Suatu produk dengan kualitas bagus pun perlu promosi untuk menjemput calon pembelinya.

#5 Inovasi

Produk yang anda miliki haruslah terus menerus melakukan up date terhadap perkembangan jaman.

Suatu usaha kerajinan tangan yang baik akan terus menerus melakukan inovasi terhadap produknya sehingga tidak berhenti pada suatu titik dan puas terhadap hasilnya.

Inovasi ini meliputi perbaikan produk dari segi proses, hasil, input, dan outputnya. Inovasi akan membuat usaha anda semakin baik dan juga mampu mengikuti perkembangan zaman dan tentunya mampu bersaing dengan kompetitor kompetitornya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk selalu dan senantiasa mampu berkompetisi dengan para pesaing di usaha bidang kerajinan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *