in

4 Langkah Menjadi Ahli Dalam Bidang Apapun: Motivasi & Pengembangan Diri

motivasi sukses pengembangan diri

Sebenarnya dalam diri kita ada sebuah sumber kekuatan besar yang jika di optimalkan, maka akan melejitkan anda ke puncak prestasi yang anda idam-idamkan. Mungkin dalam bahasa kiasan, bahwa dalam diri anda ada macan yang sedang tertidur. Tinggal anda membangunkannya.

Kesimpulannya adalah bahwa kita di ciptakan untuk mengeluarkan potensi sebesar-besarnya. Karena kita sebenarnya di ciptakan bukan untuk sia-sia, sehingga Allah membekali kita dengan potensi.

Memang, mengukur potensi diri bukanlah hal mudah. Bisa jadi, anda adalah ibarat komputer canggih. Tetapi, anda sebagai operatornya mendadak kehilangan panduannya. Sehingga komputer tersebut tidak bisa di operasikan lagi. Itu adalah salah satu contoh bahwa kita belum mengeluarkan potensi kebintangan kita.

Ada bintang dalam diri Anda yang harus di optimalkan

Ya, pada diri semua orang ada bintang. Tepatnya potensi untuk menjadi bintang. Akan tetapi, memang tak seorangpun yang langsung terlahir menjadi bintang. Untuk menjadi bintang, memerlukan proses.

Sebuah proses yang menjadikan Thomas Alfa Edison, Bill Gates, Einstein, menjadi bintang di bidang masing-masing. Bekerja keras, mendapatkan banyak rintangan, tempaan yang datang terus menerus, berlatih dan terus berlatih.

Hanya orang-orang yang setia akan semua itu lah yang ternyata akan menuai sukses pada akhirnya.

Bertekun pada proses, sehingga pada akhirnya melahirkan produk prestasi yang mencengangkan, yaitu prestasi seorang bintang. Dalam hal ini, perkataan Thomas Alfa Edison terbukti, “kesuksesan adalah 99 % Kerja keras, dan 1 % Bakat.

Dalam bukunya, “and the star is me” Afifah Afra, membagikan langkah-langkah bagaimana caranya menjadi bintang sejati, berikut adalah langkah-langkah tersebut.

1. Kenali siapa diri anda

Seorang bintang, ia akan memancarkan cahaya yang berasal dari dirinya sendiri. Ia mengenali keunikan dirinya sendiri yang berbeda dengan orang lain, dan mampu menampilkan keunikan tersebut.

Siapa diri anda? Anda lah yang seharusnya mengenal diri anda sendiri. Kenali siapa diri anda. Kenali segala keunikan diri anda dengan orang lain, kemudian tampilkan keunikan tersebut. Jadilah bintang pada bidang anda sendiri.

2. Memiliki peta diri

Peta diri adalah gambaran tentang diri kita. Dengan adanya peta diri maka kita tidak lagi memandang diri sebagai sesuatu yang abstrak. Kita akan menjadi objek yang tervisualisasikan. Peta diri akan membantu kita memilihkan jalan yang tepat.

Untuk menyusun peta diri kita perlu memahami siapa diri kita. Baik diri kita yang ideal, maupun diri kita yang faktual.

3. Visioner

Visioner berarti memiliki visi yang jelas, serta berorentasi pada visi. Visi adalah mimpi-mimpi kita pada masa yang akan datang. Visi adalah sesuatu yang ideal yang ingin kita capai. Jadi, pada awal anda melakukan sesuatu adalah anda harus memiliki visi atau mimpi. Mimpi bahwa anda akan bisa menjadi seperti ini, seperti itu..

Visi akan membuat hidup lebih tertata dan terfokus. Karena setiap yang kita lakukan menuju pada usaha untuk mencapai visi tersebut.

Seorang bintang harus memiliki visi yang jelas, dimana seluruh hidup kita akan di hadapkan untuk mewujudkan visi tersebut. Hal ini akan menjadikan setiap detik yang terlewati termanfaatkan dengan baik. Tak ada waktu untuk menganggur dan bermalas malasan. Hidup kita akan lebih produktif.

Umar Bin Khattab, sangat membenci orang yang melewati waktu tanpa melakukan apa pun, baik untuk urusan dunia maupun akhirat.

4. Memiliki strategi hidup

Strategi hidup bisa juga di sebut sebagai siasat perang. Sebagaimana kita ketahui, bahwa hidup ini adalah peperangan. Kita belajar untuk memerangi hawa nafsu, bujukan setan, jin, dan sebagainya. Strategi di perlukan untuk mensiasati semua itu. Karena setiap langkah yang akan kita tempuh akan banyak yang akan kita temui.

Strategi ini yang akan membantu mengatur langkah apa saja yang harus anda lakukan untuk menjadi bintang. Dengan strategi hidup, maka langkah-langkah anda akan lebih teratur sesuai dengan visi anda. Baca juga info tentang peluang usaha 2021 dengan modal kecil yang sangat menjanjikan.

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *