7 Langkah Paling Efektif Untuk Meningkatkan Limit Kartu Kredit Dengan Cepat

cara menaikkan limit kartu kredit bca, bni, bri, mandiri

Kartu kredit memang merupakan alat bantu transaksi yang mantap untuk membantu pengeluaran sehari-hari. Beli makanan di restoran tinggal gesek, belanja baju di toko online tinggal masukin nomer kartu kredit.

Di luar kemudahan itu, manfaat paling penting tentunya adalah penghematan yang diberikan oleh kartu kredit. Berbagai fasilitas seperti diskon, cash back, atau promo cicilan nol persen merupakan fitur unggulan kartu kredit yang sangat membantu untuk berhemat, selama digunakan tepat sasaran.

Nah, salah satu kendala yang mungkin dihadapi oleh sebagian pengguna kartu kredit adalah limit yang gak cukup. Gimana caranya meningkatkan limit kartu kredit agar sesuai kebutuhan sehari-hari kamu?

Cara ampuh meningkatkan limit kartu kredit BCA, BRI, BNI, Mandiri, dll

1. Pemakaian kartu kredit aktif

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah aktif bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Kalau kamu baru menerima kartu kredit lalu berharap limitnya naik dengan sendirinya tanpa kamu pernah atau jarang menggunakannya, bank juga tidak akan melihat pentingnya meningkatkan limit kartu kredit kamu.

“Pastikan agar kamu menggunakan kartu kredit secara teratur setiap bulannya.”

2. Gunakan kartu kredit di atas 1 tahun

Bank tentu ingin melihat nasabahnya aktif dan loyal terhadap penggunaan kartu kredit. Biasanya salah satu indikator untuk melihat loyalitas nasabah adalah dari lama penggunaan kartu kredit yang dimilikinya.

Baca Juga  Cara Investasi Emas di Pegadaian, Tabungan Emas Mudah dan Aman

“Usahakan agar kamu selalu aktif menggunakan kartu kredit minimal satu tahun, setelah itu bisa mencoba untuk bertanya kepada bank untuk menaikkan limit kartu kredit kamu.”

3. Sering gunakan limit kartu kredit mendekati maksimum

Ini cukup jelas ya. Misalnya, kartu kredit kamu limitnya Rp 10 juta, tapi rata-rata pemakaian kamu hanya sekitar 10% atau Rp 1 juta saja.

Sekarang kalau kamu ingin limit kartu kredit naik, bank tidak melihat adanya keperluan untuk meningkatkan limit kartu kredit kamu dengan penggunaan sekecil itu.

“Kamu bisa memanfaatkan setidaknya 80% dari limit kamu. Jangan dipakai untuk hal yang tidak berguna supaya kamu tetap hemat ya.”

4. Selalu membayar tagihan dengan penuh

Kamu mungkin sudah tahu bahwa bank menyediakan opsi pembayaran minimum untuk membayar tagihan kartu kredit, namun hal ini tidak memberikan skor kredit yang baik karena kamu akan dianggap sulit untuk melunasi hutang.

Usahakan agar selalu melunasi tagihan kartu kredit dengan penuh untuk menunjukkan kredibilitas yang baik di mata bank.

“Pembayaran tagihan secara penuh juga menghindarkan kamu dari biaya bunga yang dapat menyebabkan hutang menumpuk.”

5. Jangan telat bayar

Kalau kamu sering telat bayar atau bahkan kelamaan gak bayar tagihan kartu kredit kamu, bank tentu akan memiliki tanda tanya besar kalau kamu ingin meminta limit kartu kredit kamu naik.

Baca Juga  Financial Check Up untuk Mengukur Seberapa Banyak Saya Bisa Memiliki Hutang

Sudah susah melunasi tagihan, malah minta limit naik. Bisa-bisa kamu dianggap benalu.

“Pastikan agar kamu tidak membayar lebih telat dari tanggal jatuh tempo tagihan.”

6. Pakai kartu kredit sebelumnya sebagai referensi

Bagi kamu yang sudah punya kartu kredit dan mau mengajukan kartu kredit baru, pastikan kamu memberitahu kartu kredit apa yang kamu gunakan saat ini beserta limitnya.

Kalau dikabulkan, biasanya kartu kredit kamu yang baru tersebut akan memiliki limit yang lebih tinggi dari kartu kredit sebelumnya.

“Kamu bisa pilih untuk menutup kartu kredit lama kalau sudah mendapat kartu kredit baru yang limitnya lebih tinggi, kalau kamu mau.”

7. Ancam tutup kartu kredit (tapi harus punya cadangan)

Jurus terakhir, kamu bisa berpura-pura mengancam akan menutup kartu kredit kamu. Bank tentu tidak ingin kehilangan pendapatannya karena ada nasabah yang ingin menutup kartu kreditnya.

Perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu berhasil, jadi usahakan agar kamu sudah punya kartu kredit cadangan.

“Sebaiknya usahakan agar kamu sudah melakukan beberapa jurus sebelumnya sebelum menggunakan jurus terakhir ini.”

Carilah bank yang terpercaya agar penggunaan kartu kredit kamu terpantau dengan baik oleh bank tersebut. Jangan lupa untuk mencari bank yang sesuai dengan keperluan kamu agar kamu bisa lebih mudah memanfaatkan limit kartu kredit mendekati maksimum.

Baca juga ulasan terbaru tentang info pinjaman online terbaik resmi OJK.

Written by Rika Aristiani

Pengalaman organisasi di kampus sebagai staf keuangan pada pelayanan sosial dari badan semi otonom universitas maupun fakultas, serta anggota kepanitiaan di beberapa acara kampus.