in

Cara Mendirikan Bimbel Rumahan Simak Tips dan Estimasi Biaya Bisnisnya!

Usaha mendirikan bimbel rumahan

Mendirikan usaha bimbel (bimbingan belajar) skala rumahan sepertinya sangat potensial di musim pembatasan aktifitas sekarang ini yang mana kegiatan sekolah masih terus dilaksanakan secara daring.

Sekolah formal memang ada dimana-mana, tetapi pendidikan informal tidak kalah pentingnya untuk menjadi penunjang sekolah formal tadi.

Misalnya, banyak orang tua yang kemudian berbondong-bondong mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar agar nilai anak semakin baik, mendapatkan peringkat, dan juga bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Susahnya masuk PTN juga menjadi faktor terbesar mengapa kemudian bimbingan belajar selalu penuh dipadati oleh siswa menengah atas tahun terakhir.

Meskipun telah banyak terdapat tempat bimbel sebelumnya, tidak berarti bahwa anda kehilangan peluang bisnis yang menjanjikan ini.

Tantangannya untuk mendirikan bimbel ini adalah terkadang bisnis ini bersifat musiman. Bimbingan belajar biasanya ramai 3 hingga 4 bulan menjelang seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Selebihnya bimbel tidak akan seramai saat masa seleksi PTN tersebut.

Persiapan dan estimasi modal mendirikan usaha bimbel skala rumahan

Salah satu kelebihan membuka bisnis bimbingan belajar adalah, sejatinya anda tidak perlu modal yang terlampau besar. Ada beberapa tips yang bisa anda simak antaralain adalah sebagai berikut:

#1 Tentor/ Tenaga Instruktur

Tentor atau tenaga instruktur tentunya menjadi poin utama apabila anda membuka bimbingan belajar. Untuk tentor, anda sebaiknya mencari mahasiswa yang hampir akan lulus atau para sarjana yang baru saja lulus.

Mengapa demikian? karena umumnya mereka tidak menuntut gaji yang tinggi sehingga anda juga bisa menghemat pengeluaran bisnis.

Selain itu, para mahasiswa tersebut tentunya lebih berpengalaman dalam masuk PTN sehingga kredibilitasnya menjadi tentor juga semakin tinggi.

Atau, anda bisa mencari tenaga pengajar orang-orang terdekat anda yang juga berkompeten. Dengan begitu, masalah gaji anda bisa membicarakannya dengan fleksibel.

#2 Teknik Marketing

Anda harus segera memikirkan bagaimana agar bimbingan belajar anda dikenal dan menyebar ke kalangan siswa-siswi.

Beberapa cara yang bisa anda gunakan yakni mengadakan simulasi seleksi masuk perguruan tinggi, memberi kupon atau doorprize, serta sering-sering branding ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan bisnis anda.

Atau, bila perlu anda bisa menjanjikan hadiah beasiswa sejumlah uang dalam satu tahun apabila siswa dalam bimbingan belajar anda berhasil masuk ke PTN favorit.

Meskipun demikian, anda harus tetap memperhitungkan cost and benefit ratio atau perbandingan keuntungan dan juga kerugian sebelum anda menerapkan teknik marketing anda tersebut. Jangan lupa untuk mempertimbangkan brosur di sekolah-sekolah untuk menawarkan bimbingan belajar anda.

#3 Sistem Belajar

Bimbingan belajar anda haruslah memiliki sistem belajar, yang mana nantinya akan menjadi penjelasan dan pengantar singkat apabila ada siswa yang akan mendaftarkan dirinya di bisnis bimbingan belajar anda.

Misalnya, bimbel anda menerapkan sistem belajar intensif selama 5 hari dalam seminggu dan juga full setiap hari menjelang satu bulan seleksi masuk perguruan tinggi.

Anda juga sebaiknya menyiapkan diktat atau kumpulan materi dan soal yang mana nantinya menjadi acuan untuk proses belajar di bimbel anda.

#4 Fasilitas

Anda harus memikirkan fasilitas apa yang ingin anda berikan terhadap siswa bimbingan belajar anda.

Beberapa bimbingan belajar memberi fasilitas untuk menanyakan tugas kapanpun melalui sosial media (secara online), beberapa bimbingan belajar ada yang menerapkan mendapatkan kembali uang yang dibayarkan sebanyak beberapa persen apabila siswa tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkannya.

Anda bisa menjadikan fasilitas ini sebagai daya tarik bagi bimbingan belajar anda.

Berikut ini dituliskan esitimasi biaya bisnis bimbingan belajar atau analisis break even pointnya:

Investasi awal:Estimasi Biaya (Rp)
 Sewa rumah atau ruko untuk tempat usaha 20.000.000
 Diktat kumpulan soal atau materi 3.000.000
 Total investasi awal 23.000.000
 Biaya Operasional setiap bulan
 Biaya transport 100.000
 Biaya operasional per bulan (gaji tentor, listrik,dll) 2.500.000
 Biaya Promosi 400.000
 Total biaya operasional per bulan  3.000.000
 Pendapatan perbulan
 Dengan target misal 20 siswa x @1.000.000 20.000.000
 Total biaya operasional perbulan 3.000.000
 Laba Perbulan   17.000.000
 Break Even Point:
 =  (investasi awal : Laba perbulan) x 1 bulan
 = (23.000.000 : 17.000.000) x 1 bulan
 = 1,4 bulan

 

Maka telah kita ketahui dari estimasi tersebut bahwa modal anda akan kembali pada jangka waktu satu bulan. Bagimana? Apakah anda tertarik memulai bisnis bimbel anda? Apakah anda sudah menyiapkan nama bimbingan belajar anda?

Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam menemukan peluang bisnis yang menjanjikan di tahun ini.

Written by Melisa Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *