in

Bingung Memilih Peluang Usaha? Sesuaikan Dengan Kepribadian

Cara mencari peluang usaha yang menjanjikan

Beragam peluang usaha 2021 yang sangat menjanjikan sebenarnya sudah ada di sekitar kita. Tapi kebanyakan kita bingung mau memilih usaha apa. Terkadang jika melihat orang lain sukses, kita ingin meniru orang tersebut. Tapi sayangnya kita tidak punya keahlian seperti dia.

Dalam memilih usaha, entah itu bergerak di bidang jasa atau membuat produk, perlu yang namanya skill atau kemampuan. Walaupun kita menjual produk, tentu diperlukan skill untuk menjual. Dengan adanya skill tersebut kita dapat bekerja secara maksimal.

Skill atau kemampuan itu memang tidak bisa diperoleh secara mendadak. Butuh waktu untuk mempelajarinya. Ada contoh orang yang tidak berhasil dalam menjalankan usaha.

Alasannya mungkin tidak cocok, kurang berminat, atau terlalu banyak perhitungan, sehingga baru sebentar saja sudah bosan.

Untuk mengatasi hal-hal seperti itu kita perlu punya pilihan yang tepat kalau ingin memulai usaha. Caranya dengan mengenali diri sendiri. Mengenali diri sendiri adalah mengenali kepribadian atau karakter.

Bagaimana sih kepribadian kita? Apakah kita tipe orang yang ekstrovert, suka berbicara di depan orang banyak, mudah akrab dengan siapa saja? Atau seorang yang introvert, lebih suka diam, banyak berpikir dan tidak menyukai keramaian?

Selain melihat kepribadian, juga minat. Apa yang menjadi minat kita selama ini? Mungkin juga apa passion yang kita miliki?

Pertanyaan-pertanyaan itu sangat membantu kita dalam menemukan jenis usaha yang cocok. Contohnya jika kita suka mengoleksi sepatu, lagi suka dengan keramaian dan mudah bergaul, mungkin kita lebih cocok jadi reseller sepatu.

Sebaliknya, kalau suka dengan seni kreatif, suka melukis, suka bekerja sendiri, mungkin kita lebih cocok jadi pelukis sepatu. Sekarang tinggal bagaimana kita menggali kemampuan itu dan memperkenalkannya pada masyarakat.

Minat memang berperanan penting. Jangan paksakan diri untuk menekuni suatu usaha jika kita sendiri tidak meminatinya. Menjalankan usaha yang tidak sesuai dengan minat dan kepribadian, lebih sulit menjalankannya. Sebaliknya, jika berminat, akan lebih mudah dan tahu bagaimana mengatasi persoalan.

Untuk menambah lagi pengetahuan, kita bisa belajar dari orang yang punya bidang usaha yang sama dengan minat kita. Jadi, tips di atas bisa dijadikan alternatif kalau kita masih kesulitan dalam memilih peluang usaha.

Mencari Lapangan Pekerjaan Tanpa Modal

Jaman sekarang bisa dikatakan susah mendapatkan pekerjaan. Terkadang kita harus mengeluarkan modal banyak untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan.

Memang setiap orang punya cara tersendiri untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Tetapi cara-cara instan seperti itu akan membuat kita tidak kreatif dan terus tertinggal. Kenapa kita tidak mencoba menciptakan lapangan pekerjaan sendiri saja?

Jaman sekarang bukan jamannya mengandalkan teori, mengandalkan ijazah pendidikan tinggi, atau uang untuk mendapatkan pekerjaan, tapi keterampilan.

Bagaimana keterampilan itu bisa dimiliki? Tentunya dengan praktek dan berlatih. Sebab mempelajari teori tanpa praktek, sama saja dengan nol. Boleh-boleh saja kita mempunyai pendidikan tinggi, tapi itu belum tentu menjamin. Masih diperlukan lagi banyak pendukung.

Bekerja di bidang keterampilan

Yang namanya keterampilan, bisa digali dari hobi, bakat dan kemampuan. Misalnya anda hobi menulis, kembangkan saja hobi itu.

Suatu saat hobi itu bisa menghasilkan keuntungan. Anda bisa jadi penulis terkenal. Penulis yang dicontohkan di sini beragam juga lho. Misalnya penulis buku, penulis artikel, penulis konten web, penulis sales letter, penulis kartu ucapan, sampai wartawan.

Contoh lain anda punya bakat menggambar. Kenapa tidak dikembangkan saja supaya anda bisa jadi desainer? Anda bisa memilih jadi desainer baju, desainer iklan, desainer kemasan produk, desainer web, atau yang lain, tergantung kemampuan anda. Kalaupun anda tidak punya bakat, semuanya bisa dipelajari secara otodidak.

Apalagi sekarang sudah banyak tutorial yang ada di internet, juga buku-buku bacaan yang menunjang pembelajaran. Kalau mau lebih serius, mungkin harus belajar pada ahllinya.

Inspirasi paling menarik ialah dizaman serba internet sekarang ini, bahkan bermain game saja sudah sangat menjanjikan bisa mendatangkan penghasilan.

Banyak sekali aplikasi penghasil uang yang dapat dijalankan hanya menggunakan smartphone dan kebanyakan itu semua gratis untuk mendapatkannya tanpa harus keluar modal atau deposit uang terlebih dahulu.

Contoh lain kalau anda tidak ingin pusing-pusing mencari pekerjaan, jadilah reseller. Tugas anda hanya menjual produk orang lain, lalu mendapatkan komisi dari penjualan yang terjadi.

Sebelumnya tentu harus ada deal atau kesepakatan antara pemilik produk dan penjual. Cara menjadi reseller juga bisa dikembangkan sendiri, bisa secara offline atau online. Sekali lagi membutuhkan keterampilan. Meskipun anda hanya menjualkan produk orang lain, tentu butuh keterampilan untuk menjual. Tujuannya agar keuntungan berlipat ganda.

Nah, ternyata banyak sekali kan lapangan pekerjaan yang bisa digali? Memang modal uang bukan segalanya, yang penting memiliki keterampilan yang bisa dijual. Itulah modal yang paling utama.

Written by Micko Ananta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *