Manfaat Memiliki Kartu Kredit Bagi Yang Bijak Mengelola Keuangan Pribadi

Keuntungan Kartu Kredit Ini Wajib Kamu Ketahui

Jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia hanya sekitar 5% dari keseluruhan populasi. Ini menunjukan kartu kredit masih kalah populer dibandingkan alat pembayaran lainnya, seperti pembayaran tunai dan kartu debit.

Padahal, jika Anda pintar menggunakannya, kartu kredit bisa sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari dan tidak menjerat Anda dalam hutang.

Kartu kredit bahkan bisa membantu Anda menghemat pembayaran dan membantu Anda di saat darurat.

7 Manfaat kartu kredit yang memudahkan urusan finansial

Inilah 7 manfaat kartu kredit yang belum kamu tahu, dirangkum dari berbagai sumber. Check this out!

1. Melacak pembelian

Rincian pembelian yang tertera di tagihan kartu kredit akan membantu Anda melacak pembelanjaan bulan tertentu. Anda bisa menggunakan rincian ini untuk mengatur keuangan Anda ke depan.

Rincian ini juga berguna jika Anda bertanggung jawab atas kartu kredit tambahan. manfaat kartu kredit

Selain itu, jika Anda “kecurian”, dalam arti ada yang menyalahgunakan kartu kredit untuk bertransaksi sesuatu yang Anda tidak lakukan, Anda bisa memberi tahu bank untuk tidak memproses pembayaran. Uang Anda pun tetap aman. Tentunya, Anda tidak bisa melakukannya jika menggunakan cash.

2. Membangun skor kredit

Jika Anda rajin membayar tagihan kartu kredit, Anda akan membangun skor kredit yang bagus. Skor kredit menandakan bahwa pemberi pinjaman bisa mempercayai Anda membayar pinjaman.

Skor kredit yang bagus akan berguna saat Anda mengambil pinjaman besar, seperti kredit pemilik rumah (KPR) dan kredit kendaraan.

Baca Juga  Apa Perbedaan Mobile, Phone Banking dan Online Banking Pada Fasilitas Bank

3. Darurat

Jika Anda tiba-tiba harus mengeluarkan dana besar, misalnya opname di rumah sakit, Anda bisa menggunakan kartu kredit apabila cash atau kartu debit tidak mencukupi. Tentunya, kartu kredit bisa menyelamatkan Anda saat keadaan seperti ini.

4. Pembayaran online

Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli beragam kebutuhan secara online. Metode ini sangat menghemat waktu dan tenaga, serta dapat dilakukan kapanpun.

Kartu kredit terutama berguna untuk membeli tiket pesawat. Anda bisa langsung membeli tiket begitu ada sale.

Bahkan meskipun tidak ada sale, Anda bisa membeli tiket sendiri secara online dengan harga lebih murah dibanding lewat agen. Hal serupa bisa diterapkan pada booking hotel sebelum bepergian.

5. Mendapatkan promo dan diskon dari merchant

Bank sering bekerjasama dengan merchant untuk memberi Anda promo atau diskon untuk pembayaran dengan kartu kredit. Contoh: beli satu gratis satu tiket bioskop untuk pembelian menggunakan kartu kredit.

Tentunya, ini akan membantu Anda menghemat uang selama Anda membeli apa yang Anda mampu dan butuh. Ingat, Anda masih harus membayar tagihan kartu kredit pada akhir bulan.

Simak juga info tentang kartu kredit yang menawarkan banyak promo belanja bulanan

6. Mendapatkan point reward, cashback dan miles

Selain promo dan diskon, bank juga berkerja sama dengan merchant untuk memberi point reward dan cashback untuk pembayaran menggunakan kartu kredit.

Baca Juga  7 Langkah Paling Efektif Untuk Meningkatkan Limit Kartu Kredit Dengan Cepat

Anda bisa menukarkan point reward dari kartu kredit untuk mendapatkan “hadiah” dari bank. Contoh: 1,000 point bisa ditukarkan dengan handphone dari bank.

Sementara itu, cashback adalah uang yang bank masukan kembali ke rekening jika Anda membayar dengan kartu kredit. Contoh: mendapatkan kembali 10% dari pengeluaran pembelian bensin.

7. Ke luar negeri

Kartu kredit berlogo Visa atau MasterCard diterima di seluruh dunia. Jadi, jika Anda sedang jalan-jalan di luar negeri, Anda tetap bisa melakukan transaksi tanpa harus membawa atau menukarkan banyak uang cash. Tapi, ingatlah bahwa Anda akan terkena kurs saat membayar tagihan.

Jadi, semakin Anda pintar menggunakan kartu kredit, semakin bermanfaat pula kehadiran kartu kredit di dompet Anda. Tentunya, Anda harus memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Written by Chabib Azizah

Penulis artikel tentang dunia bisnis, keuangan dan perbankan