in

KSP Online Resmi: Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK 2021

Daftar KSP Online koperasi simpan pinjam resmi terdaftar OJK

Koperasi simpan pinjam yang terdaftar di ojk atau KSP online resmi mengantongi izin dari otoritas jasa keuangan Indonesia yang telah dirilis dari laman resminya terdapat lebih dari 50 nama perusahaan yang beroperasi hingga saat ini.

Sejauh ini masyarakat akan terus di ingatkan agar selalu waspada dengan penawaran pinjaman uang secara online yang mengatasnamakan perusahaan koperasi melalui sosial media ataupun sms.

Satgas Waspada Investasi mengklarifikasi sudah banyak menemukan aplikasi Koperasi Simpan Pinjam yang mana mereka menjalankan jasa keuangan dengan cara menyimpang dari prinsip prinsip perkoperasian.

Aplikasi pinjaman KSP online 2021 yang resmi terdaftar OJK

Pada pembahasan terdahulu sudah kita singgung mengenai pinjaman koperasi tanpa jaminan dan aplikasi pinjaman online yang mana keduanya bergerak pada bidang jasa keuangan namun memiliki konsep yang sangat berbeda.

Dan disini adalah beberapa ulasan mengenai produk keuangan yang dapat diakses melalui koperasi online resmi yang sudah berada dibawah pengawasan jasa otoritas keuangan Indonesia diantaranya ialah:

#1 KSPPS NURI JATIM – Koperasi digital dengan pola syariah

KSP online terdaftar OJK 2021 Paertama yaitu KSP dan Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur (KSPPS NURI JATIM) yang sebelumnya dikenal dengan KSN JATIM.

Adalah salah satu koperasi syariah berskala Provinsi Jawa Timur yang berpusat di jalan raya Palduding-Pegantenan, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan Jawa Timur.

Koperasi ini didirikan oleh para tokoh alumni Pondok Pesantren Banyuanyar pada hari Senin tanggal 1 Desember 2008 dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2009 dengan satu kantor pelayanan yang beralamat di Jalan Raya Palengaan (Simpang Tiga Palduding) Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan.

Koperasi ini bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam yang beroperasional berdasarkan legalitas badan hukum dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan dengan Nomor 02/BH/XVI.19/2010, tertanggal 29 April 2010.

Produk simpanan:

SIPOKOK (Simpanan Pokok)

Simpanan awal sebagai persyaratan menjadi anggota di Koperasi Syariah Nuri Jawa Timur dengan simpanan awal Rp.50.000

Syarat dan Ketentuan:

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran di kantor cabang (Bisa isi secara online)
  2. Menyerahkan Fotocopy KTP dan menunjukkan aslinya
  3. Simpanan Pokok dibayarkan oleh anggota pada saat yang bersangkutan mengajukan permohonan sebagai anggota dan tidak dapat dikembalikan kecuali mengundurkan diri sebagai anggota

SIWAJIB (Simpanan Wajib)

Simpanan tertentu yang tidak harus sama yang wajib dibayar oleh anggota dalam waktu dan kesempatan tertentu minimal Rp. 10.000

Syarat dan Ketentuan:

  1. Sudah terdaftar menjadi anggota atau sudah memiliki simpanan pokok

SIDIK (Simpanan Pendidikan)

Simpanan untuk persiapan biaya pendidikan dengan akad wadiah. Simpanan ini bisa dilakukan oleh orang tua siswa, siswa atau guru di sekolah.

SIHAJIR (Simpanan Haji dan Umrah)

Simpanan untuk persiapan ibadah haji dan umrah dengan akad wadiah. Bila saldo mencukupi akan dibantu proses pengurusan pendaftaran haji dan umrah.

SURBAN (Simpanan Qurban)

Simpanan untuk persiapan ibadah qurban dengan akad wadiah. Penarikan hanya bisa dilakukan menjelang hari raya qurban (berupa uang cash / hewan qurban)

#2 Koperasi Namastra – Aplikasi simpanan online untuk anggota

KSP online Namastra

Memiliki misi untuk melakukan perbaikan keadaan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat, maka koperasi ini terus berkembang dengan beragam inovasi yang berkesinambungan untuk agar dapat memberikan kemudahan, rasa aman, serta memenuhi kebutuhan para anggotanya.

Namastra kini hadir secara online dengan menerapkan teknologi aplikasi berbasis mobile yang terpadu dengan tujuan agar setiap anggota koperasi Namastra dapat memantau tabungan maupun pinjaman yang diajukannya melalui media internet.

Koperasi inipun sudah mengimplementasikan sistem berbasis web yang dapat di akses melalui browser mobile dan deskptop langsung di https://www.namastra.co.id

#3 Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia

KSP online syariah artha mulia Dengan menerapkan sistem syariah, KJKS SAM sentiasa memperhatikan adab-adab islam untuk mensejahterakan anggotanya sehingga dapat terjalin hubungan kerjasama yang baik.

Seluruh hal yang berhubungan dengan transaksi keuangan di KJKS SAM akan berpegang teguh pada prinsip-prinsip Syariah yang mana hal ini bertujuan untuk menghindari bentuk transaksi yang dilarang didalam hukum islam.

Koperasi Jasa Keuangan Syariah Shakira Artha Mulia adalah lembaga jasa keuangan syariah yang berada dipurwakarta yang sudah terdaftar di KEMENKOP RI dan diawasi oleh DSN MUI. Kep MENKOP UKM: No.007350/BH/M.KUKM.2/II/2018. Sumber: https://www.kjksshakira.com

Persyaratan Keanggotaan KJKS Shakira Artha Mulia

  • Melengkapi Formulir endaftaran Anggota dengan materai.
  • Menyerahkan FC Indentitas diri KTP/SIM/Passport
  • Membayar biaya ADM, Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib:

Uang Administrasi sebesar Rp. 10.000,-
Simpanan Pokok sebesar Rp. 100.000,- (sekali bayar diawal pendaftaran)
Simpanan Wajib sebesar Rp. 300.000,- ( perbulan Rp. 25.000,- yang dibayarkan untuk 1 Tahun)

Ket: Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib tersebut dapat diambil lagi apabila anda sudah keluar dari keanggotaan.

Keuntungan yang dapat diperoleh anggota KJKS Shakira Artha Mulia adalah untuk setiap tahunnya akan mendapatkan pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) yang diberikan pada bulan Januari tahun berjalan.

#4 Koperasi Swadharma

KSP online OJK Swadharma

Koperasi Swadharma adalah secara khusus merupakan koperasi pegawai PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sehingga pegawai aktif serta pensiunan BNI pada umumnya adalah menjadi anggota dari KSP ini.

Didirikan pada tanggal 30 Juli 1968 dan mendapat pengesahan sebagai badan hukum tanggal 10 Desember 1968.

Semula bernama Koperasi Serba Usaha Bank Negara Indonesia (KOSERU), mulai tahun 2005 menjadi Koperasi Pegawai Swadharma disingkat Koperasi Swadharma.

Koperasi Swadharma menyediakan fasilitas pinjaman uang untuk berbagai keperluan dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Proses pemberian pinjaman dalam waktu satu hari kerja sudah ada keputusan sejak permohonan diterima lengkap
  • Tingkat suku bunga bersaing
  • Mendapat tambahan SHU

Syarat umum mengajukan pinjaman

Persyaratan utama untuk mengajukan pinjaman adalah telah terdaftar sebagai anggota Koperasi Swadharma

Persyaratan Khusus

  • Jangka Waktu maksimal 10 tahun
  • Maksimum pinjaman sebesar Rp.150 juta, ( > 150 juta s/d 500 juta menyerahkan jaminan tambahan )

Repayment Capacity :
sebesar 50% dari gaji bila gaji < Rp.5.000.000
sebesar 55% dari gaji bila gaji ? Rp.5.000.000

  • Mengisi aplikasi permohonan pinjaman dengan melampirkan :
  • Slip Gaji
  • Foto Copy KTP (suami / istri untuk pinjaman > Rp.50jt)
  • Diketahui tanda tangan bagian umum
  • Pinjaman > Rp.50 Juta tanda tangan suami / istri. sumber: http://koperasi-swadharma.com

Ulasan singkat mengenai beberapa KSP online yang resmi memilikki izin OJK ini dapat dilihat langsung dari sumber laman resminya yaitu di https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-Satgas-Temukan-Pinjaman-Online-Ilegal-Berkedok-Koperasi-Simpan-Pinjam/Lampiran.pdf

Terdapat sedikitnya 50 data nama perusahaan koperasi berbasis online yang saat ini sudah beroperasi dan layak untuk dijadikan rekomendasi dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan jika anda berminat untuk menjadi anggotanya.

Written by Micko Ananta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *