in

Kenapa Proposal Di Tolak? Ketahui Penyebab dan Masalahnya

faktor alasan pengajuan proposal di tolak perusahaan

Mengajukan proposal untuk mendanai kegiatan atau acara yang anda selenggarakan kepada perusahaan adalah hal yang umumnya dilakukan oleh pihak penyelenggara kegiatan atau acara.

Hal ini tidak mengherankan karena umumnya sumber dana terbesar selain penjualan tiket adalah dari pihak perusahaan yang mau mensposori acara tersebut.

Dana tersebut nantinya akan membiayai acara antara lain untuk biaya sewa gedung, konsumsi, guest star, lighting, panggung, dan lain sebagainya.

Ketika seksi sponsorship menyebarkan proposal pengajuan dana, tentunya harapannya adalah akan diterima oleh perusahaan dan kemudian perusahaan mau untuk memberikan dana atau sponsornya untuk mensukseskan acara.

Tetapi, tidak semua proposal yang diajukan akan membuahkan hasil yang di inginkan. Seringkali tidak terdapat follow up atau panggilan yang dilakukan perusahaan sebagai tanda bahwa pengajuan dana diterima.

Faktor faktor alasan mengapa pengajuan proposal di tolak

Jika hal tersebut terjadi, mungkin anda bertanya-tanya, apa penyebab proposal pengajuan dana yang anda lakukan ditolak?

Sebelum anda kebingungan dan mengulangi kesalahan yang sama, maka sebaiknya anda melihat beberapa faktor yang menentukan ditolak atau diterimanya proposal pengajuan dana yang anda berikan!

1. Kualitas proposal

Faktor pertama yang menjadi tolak ukur ditolak atau diterimanya proposal anda adalah tentang proposal itu sendiri. Apakah proposal yang anda buat adalah resmi?

Apakah proposal yang anda ajukan mencakup hal-hal yang perlu diketahui perusahaan sebelum akhirnya menyetujui pemberian dana? Apakah proposal anda dikirim terlalu mepet atau terlalu jauh dari terselenggarakannya acara yang anda buat?

Tentu saja proposal memiliki porsi yang besar untuk menentukan apakah proposal anda akan diterima ataukah tidak. Untuk itu, usahakan membuat proposal yang menarik, jelas, serta memuat informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan baik sehingga proposal yang anda ajukan tidak terkesan abal-abal.

2. Jenis kegiatan/acara yang diselenggarakan

Faktor kedua yang menentukan ditolak atau diterimanya proposal pengajuan dana anda kepada pihak perusahaan adalah jenis acara atau kegiatan yang anda selenggarakan, apakah acara tersebut sesuai dengan citra yang dimiliki perusahaan ataukah tidak.

Misalnya, acara yang akan anda selenggarakan bertema kesehatan, dan anda mengajukan proposal pengajuan dana pada perusahaan pabrik rokok lokal.

Hal ini akan kecil kemungkinan pengajuan anda akan didanai karena hal tersebut tidak selaras dengan citra perusahaan tadi. Itulah mengapa jenis kegiatan atau acara juga menjadi penentu apakah proposal anda akan diterima ataukah tidak karena kesesuaiannya amat dipertimbangkan pula oleh pihak perusahaan.

3. Popularitas acara

Faktor selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah popularitas acara yang anda tawarkan. Misalnya acara anda adalah acara yang diselenggarakan ditingkat RW dan dihadiri hanya oleh segelintir orang, tentu akan menjadi pertimbangan oleh perusahaan karena akan tidak menguntungkan memberikan sponsor kepada acara yang mana tidak dihadiri oleh banyak orang.

Banyak atau sedikitnya orang yang hadir akan mempengaruhi efektifitas promosi yang nantinya dirasakan oleh perusahaan.

Berbeda apabila acara yang diselenggarakan dihadiri oleh banyak orang yang mana target orang tersebut sesuai dengan produk yang diproduksi perusahaan, tentu akan lebih bonafit dibandingkan contoh pertama khususnya oleh perusahaan.

4. Kondisi keuangan perusahaan

Yang selanjutnya juga menjadi faktor ditolak atau diterimanya proposal anda adalah kondisi keuangan perusahaan saat anda mengajukan proposal tersebut.

Misalnya kas keuangan perusahaan sedang tipis dikarenakan pembelian peralatan-peralatan produksi dan kantor, sehingga pengeluaran pada periode tersebut amatlah besar. Hal tersebut bisa mempengaruhi perusahaan untuk menolak pengajuan dana tersebut.

Berbeda jika kondisi keuangan sedang baik, bahkan acara sepele ataupun acara dengan popularitas tidak terlalu baguspun bisa mendapatkan kucuran dana.

5. Saingan

Yang perlu anda ingat, ketika anda mengajukan proposal pada suatu perusahaan yang utamanya perusahaan besar maka bukan hanya anda satu-satunya pihak yang meminta untuk didanai acaranya.

Jika proposal pesaing anda lebih dahulu, lebih bonafit, atau lebih populer dibandingkan acara anda bisa jadi proposal anda pun mengalami penolakan.

Mengapa demikian? ini dikarenakan biasanya perusahaan pun juga membatasi banyaknya dana yang dikeluarkan untuk sponsor. Akan sedikit mustahil apabila perusahaan mengiyakan semua tawaran permintaan dana dalam waktu bersamaan, bukan?

6.Feedback yang ditawarkan

Yang selanjutnya menentukan diterima atau ditolaknya proposal pengajuan dana anda adalah terkait feedback yang ditawarkan oleh pengaju proposal  tersebut. Jika tawaran feedback yang diberikan memuaskan atau yang dibutuhkan perusahaan, tentu perusahaan akan dengan mudah mengucurkan dana untuk membiayai acara tersebut dan sebaliknya.

Itulah faktor-faktor yang menjadi penentu apakah proposal pengajuan dana sponsor anda diterima atau tidak. Faktor yang ada pun dapat dipertimbangkan perusahaan bersamaan dengan faktor yang lainnya.

Dengan adanya artikel ini, semoga dapat menjadikan pelajaran dan pertimbangan sebelum anda menyerahkan proposal kepada perusahaan sehingga anda tidak perlu membuang-buang waktu ataupun proposal kepada perusahaan yang mungkin memiliki probabilitas rendah untuk menyetujui acara yang anda ajukan.

Baca juga artikel terkait tentang strategi memulai usaha kuliner sampai sukses serta info terbaru mengenai peluang usaha menjanjikan dengan modal kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *