in

Pengalaman Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan dan Solusinya

Kartu ATM mandiri tidak bisa digunakan transaksi

Kartu ATM mandiri tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi tentu ada penyebab dari masalah ini sehingga bagi yang belum pernah mengalami pasti akan dilanda panik dan kesal.

Bermula ketika saya sudah sangat lama sekali tidak menggunakan kartu tersebut karena memang sengaja tidak pernah mengisi saldo dan berniat ingin membiarkan rekening tersebut mati.

Tetapi suatu ketika ada kebutuhan mendadak yang mengharuskan saya menggunakan rekening mandiri untuk menerima transfer sejumlah uang dan setelah mencoba cek kartu di mesin ATM terdapat pesan kartu atm mandiri tidak diijinkan digunakan. Ada apa ini?

Penyebab kartu ATM mandiri tidak di ijinkan digunakan

Setelah melihat pesan tersebut di layar, awalnya cuma berpikir bahwa sedang terjadi gangguan pada mesin yang kemudian saya memutuskan pindah untuk mencari tempat ATM mandiri lain.

Karena tidak ada antrian, langsung saja saya masukkan kartu dan PIN ATM saya masih sangat yakin tidak ada yang salah namun apa yang terjadi?

“Kartu ATM anda saat ini tidak bisa digunakan harap hubungi call center 14000”. Pesan tersebut muncul lagi dan kali ini saya yakin kalau rekening saya mungkin sudah di tutup oleh mandiri.

Sebab tidak ada pilihan lain, dan rekening mandiri ini nantinya akan menjadi kebutuhan untuk menerima transfer rutin dari kegiatan bisnis saya, maka hari itu juga langsung meluncur ke kantor bank Mandiri terdekat.

Pilihannya ada 2 kemungkinan, jika memang rekening masih aktif maka cukup melakukan penggantian kartu ATM baru sudah beres semua masalah.

Tetapi apabila rekening memang sudah di tutup, satu satunya cara ialah dengan membuka kembali rekening mandiri baru dengan tetap menggunakan identitas sama dengan rekening sebelumnya.

Melaporkan pada CS bank mandiri

Tanpa harus panjang lebar ini pengalaman ketika masalah kartu ATM mandiri saya tidak bisa digunakan dan langsung dijelaskan oleh CS bank bahwasannya ini terjadi karena saldo rekening saya tidak mencukupi dan tidak memiliki saldo mengendap selama beberapa bulan sehingga kartu di blokir sementara.

Artinya sampai disini rekening mandiri atas nama saya tersebut belum mati alias masih bisa digunakan lagi atau di aktifkan lagi.

Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa CS bank akan melakukan verifikasi data untuk memastikan apakah saya benar benar pemilik kartu dan rekening tersebut dengan menanyakan identitas asli dan nama ibu kandung.

Jika data dinyatakan valid maka proses selanjutnya baru bisa dilakukan yaitu dengan 2 pilihan agar saya bisa menggunakan kembali kartu atm tersebut untuk transaksi yaitu:

  • Mengisi saldo rekening dengan cara langsung melalui CS
  • Menambah saldo mandiri melalui transfer

Setelah dilakukan pengisian saldo, proses aktifasi kembali akan menunggu waktu sekitar 15 menit barulah kartu ATM akan bisa digunakan untuk transaksi kembali.

Agar ATM mandiri tidak terblokir otomatis

Dari pengalaman ini ada hal yang menjadi pengetahuan baru mengenai ketentuan pemegang rekening tabungan mandiri yaitu:

  • Di dalam tabungan mandiri harus selalu ada saldo minimal sebesar Rp 30 ribu agar tidak beresiko terjadi pemblokiran otomatis oleh sistem.
  • Saldo mengendap tersebut untuk menjaga biaya administrasi sebesar Rp 4.500 perbulan yang akan dipotong otomatis.

Dan yang paling penting adalah bahwa selama kartu ATM tidak mengalami kerusakan fisik yang beresiko menyebabkan proses transaksi ATM gagal, Chip ATM tidak terdeteksi dan lain lain maka tidak perlu dilakukan penggantian kartu baru.

Written by Micko Ananta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *