Ini 6 Jenis Usaha Menguntungkan di Bulan Desember Momen Akhir Tahun

peluang Usaha yang cocok di akhir tahun

Bulan Desember ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan lho. Berikut usaha menguntungkan bulan Desember, simak ulasannya sampai tuntas ya.

Banyak peluang usaha yang menguntungkan di bulan Desember. Tentu saja memanfaatkan momen-momen berbahagia di pengujung tahun. Di akhir tahun, ada momen Natal dan Tahun Baru. Bagi kamu yang jeli melihat peluang, bisa memanfaatkannya untuk meraup keuntungan besar dari situasi ini.

Selain itu, momen akhir tahun juga biasa digunakan untuk menghabiskan masa cuti. Banyak karyawan yang sengaja mengambil cuti untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri. Lalu, usaha menguntungkan bulan Desember apa saja yang bisa kamu manfaatkan?

Inspirasi usaha yang cocok di akhir tahun

1. Jual Penak-Pernik Natal

Natal merupakan momen sukacita bagi masyarakat pemeluk agama Nasrani. Umat nasrani merayakannya dengan beribadah, kumpul bersama keluarga, bertemu teman, dan bersenang-senang menikmati momen bersama keluarga.

Di momen ini, pernak-pernik Natal mulai diburu, mulai dari pohon natal, lampu-lampu hias, baju santa, topi santa, dan masih banyak lagi.

Karena itu, berjualan pernak-pernik tersebut sangat menguntungkan. Kalau kamu tertarik, bisa membuatnya sendiri atau membelinya langsung dari distributor, lalu menjualnya via toko online!

2. Jual Aneka Kue

Dalam dua momen tersebut pastilah akan digunakan untuk berkumpul dengan keluarga besar. Untuk memenuhi kebutuhan makanan, kamu bisa berjualan aneka kue, baik kue basah atau kue kering.

Baca Juga  Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Bisa Datangkan Untung Melimpah

Selain itu, kamu juga bisa mulai mempromosikan bisnis kateringmu karena biasanya banyak yang tidak sempat mempersiapkan masakan untuk menyambut keluarga besar atau kerabat yang datang.

3. Jual Bouquet Bunga

Selain perayaan Natal dan Tahun Baru, bulan Desember juga identik dengan perayaan Hari Ibu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Ibu Nasional diperingati pada tanggal 22 Desember.

Berjualan Bouquet Bunga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan di bulan Desember. Ini karena Banyak orang akan akan memberikan hadiah untuk ibu tercinta. Bouquet adalah salah satu pilihan kado yang bisa diperikan kepada ibu di Hari Ibu.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan bisnis bouquet bunga, lumayan untuk uang tambahan akhir tahun, bukan?

4. Rental Kendaraan

Menjelang akhir tahun, bisnis yang berhubungan dengan travelling akan sangat menguntungkan. Ini karena banyak orang akan pergi berlibur entah bersama keluarga atau sahabat-sahabat. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa sewa kendaraan.

Kamu bisa menyewakan kendaraan berupa mobil atau motor. Selain itu jangan lupa juga sediakan jasa sopir yang akan mengantar para turis untuk berwisata.

Bisnis kamu akan sangat laris karena pada musim liburan seperti akhir tahun akan lebih banyak turis yang datang ke tempat wisata.

Kamu juga harus mengetahui jalur menuju setiap tempat wisata di kotamu. Bekali juga dirimu dengan pengetahuan tentang harga tiket masuk (HTM) setiap wisata sekitarmu.

Baca Juga  Mahasiswa Sudah Harus Mulai Belajar Berbisnis Karena 5 Alasan Berikut Ini

Selain itu perlu juga untuk kamu ketahui tempat-tempat untuk membeli oleh-oleh karena kebanyakan turis akan membeli oleh-oleh khas daerah untuk dibawa pulang.

5. Jasa Tour Guide

Ada satu ide bisnis yang bisa kamu coba di bidang travelling yaitu menjadi tour guide. Agar bisa menjadi tour guide, kamu perlu belajar sejarah dan kebudayaan tempat-tempat wisata dan lingkungan sekitar tempat wisata tersebut.

Kamu memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadi tour guide untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ini merupakan bisnis yang menjanjikan sebab di musim liburan akhir tahun, volume wisatawan akan meningkat. Jika kamu berminat menjadi seorang tour guide untuk wisatawan mancanegara, kamu bisa harus mempersiapkan diri untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar.

6. Jual Pernak Pernik Tahun Baru

Momen pergantian tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu masyarakat seluruh dunia. Mereka merayakannya dengan penuh suka cita, berkumpul bersama kerabat terdekat, sambil memandangi jam pergantian tahun.

Sama halnya dengan di luar negeri, di Indonesia sendiri momen Tahun Baru juga sangat meriah. Pesta kembang api di setiap sudut kota, bunyi terompet terdengar dari berbagai arah.

Di momen yang spesial dan satu tahun sekali ini, kamu bisa melihat peluang usaha yang menguntungkan, yaitu menjual pernak-pernik tahun baru.

Kamu bisa menjajakan kembang api dan terompet sebelum pergantian tahun. Bisa dibikin sendiri atau membeli ke produsen lainnya. Setelah mendapatkan barangnya, kamu bisa menjual di sekitaran rumahmu.

Baca Juga  Contoh Pekerjaan Wirausaha Yang Tidak Mengharuskan Pendidikan Tinggi

Baca juga info menarik tentang bermain game yang bisa menghasilkan uang serta ulasan terkait mengenai cara mendapatkan uang lewat HP saja

Itulah 6 ide bisnis akhir tahun yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga informasi ini dapat menginspirasi Sobat untuk memulai berbisnis. Selamat mencoba!

Written by Rika Aristiani

Pengalaman organisasi di kampus sebagai staf keuangan pada pelayanan sosial dari badan semi otonom universitas maupun fakultas, serta anggota kepanitiaan di beberapa acara kampus.