in

Ide Bisnis Usaha Kreatif dan Unik Dengan Cara Menggali Potensi Diri

Inspirasi bisnis dan usaha kreatif

Di zaman modern ini apakah peranan usaha kreatif itu bisa atau cukup memberikan perubahan yang berarti. Apakah diantara kita pernah membayangkan bahwa usaha kreatif bisa memberikan dampak positif dari masalah ekonomi yang bisa saja saat ini yang sedang kita alami? Kalau belum memberikan dampak atau manfaat, maka saya sarankan Anda untuk lanjut membaca posting ini, dan temukan solusinya.

Pesatnya pekembangan iptek saat ini kalau tidak di selaraskan dengan mutu atau kualitas sdm yang memadai, maka ini akan menyebabkan perkembangan tersebut seperti tidak berarti sama sekali, dan sangat menakukan.

Saat ini banyak sekali ilmuan yang menciptakan mesin-mesin yang pada akhirnya menggantikan tenagga manusia, hal ini terjadi karena tenaga manusia dirasa tidak efektif dan efisien lagi untuk melukan tugas tersebut, sehingga digantikan dengan mesin yang dirancang sedemikian rupa untuk mempercepat pekerjaan manusia.

Dampak dari kemajuan teknologi ini menyebabkan banyak terjadinya PHK terhadap karyawan, karena PHK dianggap sangat mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas yang tinggi dengan cara memanfaatkan waktu produksi dan menekan biaya produksi, sehingga di jadikan solusi terbaik oleh pihak perusahaan.

Namun sangat disayangkan, sebenarnya apa yang dianggap perusahan itu terbaik namun belum tentu baik bagi karyawannya, karena ini akan berdampak pada sosial yang akan menyebabkan tingkat pengangguran yang tinggi di masyarakat.

 

Ini juga berdampak pada tingginya angka kejahatan di masyrakat, karena sulitnya memenuhi kebutuhan hidup dan sulitnya memperoleh pekerjaan, sehingga berujung pada tingkat setress yang tinggi. Akan sangat berpengaruh sekali dengan masalah jiwa atau gangguan kejiwaan. Ini disebabkan setres dan tekanan batin semakin meningkat tajam.

Menciptakan ide usaha kreatif sebagai alternatif

Cara mencari peluang usaha yang menjanjikan Melihat fakta dengan adanya pengangguran di lingkungan masyrakat yang berdampak pada permasalahan sosial yaitu pemenuhan kebutuhan masyarakat yang semakin hari semakin sulit saja.

Sebagaimana sulitnya permasalahan ekonomi negara kita , yang patut kita lakukan adalah mencari cara bagaimana bisa keluar dari kondisi ekonomi seperti ini serta berani untuk maju terus walaupun tantangan yang dihadapi itu berat.

Kreatif, Kita sebagai manusia yang memiliki kemampuan lebih dari makhluk lain nya, seharusnya kita bisa memiliki kekreatifan dalam menghadapi tantangan hidup ini, sebab dengan adanya kekereatifan ini mampu mendorong kita dalam meningkatkan usaha sehingga bisa terwujudlah usaha reatif .

Usaha kreatif ini memberikan atau meningkatkan produktifitas yang tinggi bagi penyediaan barang atau jasa dalam sebuah usaha.

Bisnis kreatif dipastikan mampu menyediakan kesempatan untuk meraih keuntungan sebesar besarnya. Apalagi bidang tersebut masih sedikit usahawan yang menggarap usaha kreatif ini sehingga sangat berpotensi sekali mendapatkan permintaan pasar yang besar.

Apakah ada inspirasi agar kita bisa terjun ke usaha kreatif ini?

Pasti itulah pertanyaan yang muncul di pikiran kita. Sesungguhnya ada banyak sekali cara meningkatkan kemampuan atau potensi dalam diri kita sehingga kita bisa maju dengan usaha kreatif yang kita garap tersebut.

Ada bervariasi cara untuk menjadikan usaha kreatif sebagai income utama bagi kita dan keluarga kita. Dari kebanyakan cara pasti ada satu cara yang paling cocok untuk kita, tinggal kita gali sendiri bisnis kreatif apa yang mau kita tekuni.

5 cara agar bisa menggali potensi yang ada pada diri sendiri

Supaya bisa terjun ke usaha kreatif terlebih dahulu kita harus bisa menggali potensi yang ada pada diri kita, hal ini dilakukan agar kita bisa menemukan passion dan akhirnya melakukan pekerjaan tanpa ada beban mental. Dibawah ini merupakan tip untuk menggali potensi diri:

Mencari atau mengetahui hobi atau kegiatan yang kita sukai

(Hobi atau kebiasaan) Dalam mengenali hobi atau kegitana yang Kita sukai yang harus kita ingat adalah ini lah kunci keberhasilan yang akan di capai dalam usaha kreatif. Mungkin dengan cara meneliti hobi kita apa, dan kegiatan apa yang paling kita sukai.

Bisnis rental game PS4

Anda suka bermain game, ini juga sebuah potensi yang sebenarnya memiliki peluang besar dapat memberikan keuntungan. Dijaman serba internet seperti sekarang ini banyak sekali cara menghasilkan uang salah satunya ialah dengan bermain game saja.

Ulasan lengkap tentang game android yang bisa menghasilkan uang asli bisa anda simak klik disini.

Dengan kita menggali mencari hobi yang kita sukai maka kita akan mendapat banyak peluang keberhasilan yang mungkin akan kita raih, ketimbang kita melakukan usaha dengan hal-hal yang tidak sukai atau kita senangi, itu merupakan hal terburuk dalam menjalani sebuah pekerjaan.

Mungkin penyebab nya adalah tidak mempunyai pilihan lain lagi. Maka terpakasa melakukan usaha yang sama sekali tidak disukai. Yang akhirnya dilakukan dengan setengah hati, tidak serius akhirnya justru kegagalan.

Dari semua kegemaran atau hobi kita, maka kita dapat memikirkan hobi apa sih yang bisa melahirkan atau mewujudkan bentuk bisnis hingga bisa menghasilkan keuntungan bagi kita, sebagai contoh Kita menyukai kerajinan tangan, maka jadikanlah kerajinan tangan itu sebagai usaha dan kegiatan sehari hari dan bisa berkembang menjadi bisnis besar.

Kita harus bisa mensupply produk kerajinan tangan ke toko toko atau ke tempat yang dapat dijangkau oleh calon pelanggan.

Dan apabila orang-orang menyukai produk kita maka ini sebuah pertanda bahwa produk tersebut mempunyai demand yang besar, sehingga kesempatan dari sinilah perlu untuk mulai dipacu perkembangannya.

Simak juga info terkait tentang strategi melakukan pemasaran produk kerajinan tangan dan ulasan menarik lainnya mengenai 6 macam bisnis aneh dan berhasil meraih sukses

Pantang menyerah dari segala kondisi

Pantang menyerah dari segala kondisi merupakan modal selanjutnya yang patut kira miliki sebagai seorang yang bergelut dalam usaha kreatif.

Dalam pemasaran produk usaha kreatif kita pasti dihadapkan yang namanya penolakan atau pun produk kita di terima dengan baik di masyrakat. Dan jika produk kita mendapat penolakan maka kita harus berjuang lebih keras lagi untuk mendapat kan tempat di masyarakat, jadi intinya harus terus mencoba.

Dalam hal ini kita patut mencontoh Thomas Alfa Edison, ia telah gagal ratusan kali dalam menemukan lampu hingga percobaan nya yang terakhir ia berhasil menemukan lampu pijar yang sekarang ini dipakai seluruh penduduk di dunia.

Tekun belajar dan teliti

Belajar merupakan komponen dalam hidup kita yang tidak boleh di abaikan, karena dalam proses belajar kita akan mengasah otak dan pikiran kita. Sehingga kita mampu bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini. Dan seiring perkembangan teknologi ini menuntut kita untuk terus belajar dan menagasah keahlian kita.

Bukan hanya itu, kita juga mesti mampu menguasai berbagai hal yang ada hubungannya dengan usaha yang kita geluti sekarang.

Dalam menggeluti bisnis kreatif, kita harus menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyrakat, dengan mengembangkan produk atau karya yang tentunya banyak memberikan kemudahan kepada masyrakat. Sehingga produk kita menjadi pilihan dan diminati. Ingat jangan pernah menyerah dan tekun belajar.

Unik dan mempunyai karakter

Unik dan mempunyai karakter khas merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk kita di pasar, sehingga produk kita mudah untuk di gemari oleh masyarakat, karena produk kita mempunyai ciri khas sendiri.

Sebagai contoh, jika banyak pengrajin yang memproduksi barang kerajinan dari bahan baku kayu kenapa kita tidak memproduksi sesuatu dari bahan dasar jagung misalnya.

Satu lagi, ketika para eksportir mengirim atau menghasilkan produk seperti beberapa jenis mebel yang bahan nya dari rotan. Maka kita bisa mencoba untuk memproduksi mebel dari bahan dasar yang lebih unik misalkan dari bahan limbah atau daur ulang.

Terus menerus berpikir kreatif

Berpikir kreatif ini merupakan hal yang sepatutnya terus dilakukan dengan melihat atau cara pandang terhadap masalah yang akan menghampiri kita sebaiknya kita menyelesaikannya dengan cara berpikir yang berbeda dengan orang pada umumnya.

Hal ini juga bisa dilakukan apabila kita berada dalam masalah, cobalah kita bertindak seolah-olah itu bukan masalah kita.

Kita mencoba untuk menjadikan masalah tersebut seperti masalah orang lain, dengan demikian kita bisa memikirkan solusinya dengan sedikit lebih tenang dan tidak terburu buru.

 

Apabila kelima point di atas sudah kita pahami maka segera ambil tindakan.Tentukan langkah dan tujuan usaha kreatif yang akan kita ambil nanti. Dan buang hal hal yang tidak penting yang kebenarannya belum terbukti.

Jadikanlah inisiatif hanya untuk satu tujuan saja yaitu menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif sehingga dengan langkah ini kita akan mampu menciptakan usaha yang bermanfaat dan nyata bisa memberikan keuntungan.

Written by Chabib Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *