in

Tips Cara Memilih KPR: Kredit Pemilikan Rumah Untuk Keluarga Muda

Bagaimana Cara kredit rumah KPR?

Kredit rumah murah dan KPR sudah banyak tersedia di berbagai lembaga keuangan perbankan maupun jasa peminjaman uang lainnya.

Secara umum orang yang sehat jasmani dan rohani sangat membutuhkan sebuah rumah yang akan menjadi tempat dimana mereka akan berlindung.

Rumah juga menjadi salah satu hal yang sangat penting dan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Khususnya masyarakat perkotaan masih sangat banyak orang yang tidak memiliki rumah melainkan mereka menyewa atau mengontrak sebuah rumah atau kamar yang kecil. Hal ini tidak dapat dibilang memiliki rumah karena tempat yang mereka tempati bukanlah atas nama mereka.

Perencanaan keuangan

Jika anda merupakan pasangan baru, anda dapat menabung untuk membeli rumah jauh sebelum anda menikah. Berikut ini adalah perencanaan keuangan yang harus anda jalani sebelum menikah antara lain:

  • Mengatur segala keuangan sebelum menikah.
  • Memikirkan bagaimana keuangan setelah menikah.
  • Menyisihkan sejumlah biaya untuk membeli rumah.
  • Menyisihkan biaya untuk pernikahan.
  • Melakukan penghitungan yang sesuai untuk apa yang ingin anda beli.
  • Memilih mana yang penting dan tidak.

Untuk membeli sebuah rumah saat ini memang sulit karena harganya yang sangat tinggi dan sebagian orang tidak mampu untuk membayarnya secara tunai.

Untuk itu banyak orang yang mengontrak rumah yang membuat mereka akan mengeluarkan uang setiap bulannya hanya untuk membayar biaya kontrak.

Baca Juga  Jangan Lagi Menunda Untuk Investasi, Ini 3 Alasan Paling Utamanya

Pada dasarnya memiliki rumah sendiri tentunya akan semakin nyaman karena anda tidak akan dibebani oleh jangka waktu yang anda miliki untuk mengontrak. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang belum memiliki rumah sendiri dan masih harus mengontrak.

Saat ini sudah banyak cara yang bisa anda tempuh untuk dapat memiliki sebuah rumah baru meskipun mungkin saja memiliki harga yang cukup tinggi.

Anda dapat menggunakan fasilitas kredit rumah yang saat ini sudah banyak tersedia di berbagai lembaga keuangan perbankan maupun beberapa jasa pembiayaan lainnya.

Dengan adanya kredit ini tentu saja akan semakin mempermudah anda yang ingin memiliki rumah namun belum memiliki dana tunai sebasar dengan harga rumah itu.

Apa itu kredit rumah?

Sebagian orang mungkin belum memahami apa itu yang dimaksud dengan KPR. Kredit ini sebenarnya merupakan sebuah fasilitas pembiayaan yang bertujuan memudahkan bagi orang untuk mendapatkan rumah yang harganya sesuai dengan apa yang mereka inginkan dengan cara di cicil (angsur).

KPR yang paling umum adalah kredit yang ditawarkan oleh pengembang perumahan yang melakukan kerjasama dengan lembaga pembiayaan. Dengan kredit yang direkomendasikan, tentunya anda akan mendapatkan harga yang sesuai dengan perhitungan.

Anda juga akan mengalami kemudahan karena prosesn kredit tersebut akan diatur dengan rapi oleh pihak developer sehingga pemohon tidak perlu repot untuk mengurus sendiri berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi berupa persyaratan umum KPR.

Baca Juga  5 Resiko Tidak Bayar Pinjaman Online, Cermati dan Pahami Baik-baik

Bagaimana cara kredit rumah?

Ada beberapa hal yang harus dipahami oleh calon pemohon KPR supaya kedepannya dapat berjalan lancar dalam berbagai macam transaksi dan berikut ialah poin poinnya.

  1. Pilihlah rumah yang ingin anda beli.
  2. Carilah informasi mengenai rumah yang ingin anda beli.
  3. Tanyakan apakah rumah tersebut dapat anda bayar menggunakan kredit.
  4. Jika bisa, anda dapat melakukan tanda jadi pembayaran.
  5. Bayarlah uang muka dari kredit anda.
  6. Pilihlah durasi waktu untuk membayar.
  7. Setiap bulan anda dapat membayar uang tagihan.

Secara garis besarnya, langkah langkah di atas akan dapat diproses dengan cepat apabila antara pihak developer, pemohon dan jasa pembiayaan tidak terdapat masalah dan semuanya memiliki reputasi yang baik.

Untuk keluarga baru yang belum memiliki cukup uang, kredit pemilikan rumah ini merupakan salah satu cara yang sangat disarankan. Dengan prosedur ini akan membuat anda hanya perlu membayar tagihan pembayaran rumah setiap bulannya sesuai dengan nominal yang sudah anda sepakati sebelum kontrak kredit dibuat.

Tips kredit rumah

Mengeni hal hal yang harus anda pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk mengambil KPR diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Pastikan anda dapat membayar tagihan yang akan ditagihkan setiap bulannya.
  • Pilihlah jangka waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan anda.
  • Pilihlah harga rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan.
  • Carilah tempat kredit yang memberikan bunga yang kecil.
  • Catatlah jangka waktu pembayaran kredit anda.
  • Bayarlah uang tagihan kredit anda secara tepat waktu.
Baca Juga  Syarat Gadai Emas di Pegadaian Berikut Tata Cara dan Prosesnya

Biasanya waktu pembayaran kredit untuk sebuah rumah ada dalam jangka waktu sekitar 5 hingga 15  tahun lamanya.

Dalam jangka waktu tersebut, anda setiap bulan akan dibebani oleh pembayaran kredit rumah yang harus anda penuhi. Belum lagi dengan pengeluaran tambahan atau denda jika ada keterlambatan dalam melakukan pembayaran.

Kesimpulannya, mengelola keuangan secara baik ialah syarat utama ketika anda memiliki banyak rencana pengeluaran kebutuhan konsumtif yang mana harus anda sesuaikan dengan produktifitas yang bisa anda capai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *