in

5 Macam Bentuk Sponsor yang Umumnya Diberikan Perusahaan

sponsor dari perusahaan

Dalam menjalankan perusahaannya, perusahaan biasanya melakukan pemberian sponsor dengan berbagai alasan. Alasannya antara lain untuk mempromosikan usahanya, memberikan citra yang baik atas perusahaannya, salah satu bentuk tanggungjawab sosial, dan lain sebagainya.

Mulanya, perusahaan akan menerima proposal dan menghubungi pihak pengaju proposal. Setelah itu, perusahaan memberikan yang dibutuhkan oleh pihak pengaju.

5 Macam bentuk sponsor yang paling umum diberikan oleh perusahaan

Istilahnya, perusahaan sedang mensponsori kegiatan atau acara yang diajukan. Apasajakah bentuk sponsor yang umumnya diberikan oleh perusahaan? Bentuk-bentuknya akan dibahas secara lengkap dibawah ini!

1. Pemberian dana segar

Bentuk sponsor yang pertama diberikan oleh perusahaan yakni berupa pemberian dana segar. Ini dimana perusahaan memberikan sejumlah uang untuk mensukseskan acara atau kegiatan yang telah ditulis diproposal. Dana ini nantinya akan digunakan untuk membiayai hal-hal yang telah disebutkan di rincian dana.

Untuk jumlah dana segar yang diberikan oleh perusahaan, biasanya berdasarkan kebijakan dan persetujuan perusahaan dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan.

Biasanya pihak seksi sponsor dari acara tersebut memang mengajukan sejumlah dana, tetapi dana tersebut belum tentu sesuai persis dengan yang diminta.

Bisa saja dana yang didapatkan akan lebih sedikit dari apa yang diajukan. Feedback yang diberikan biasanya adalah berupa tercantumnya logo perusahaan dan atau disebutkannya nama perusahaan oleh MC ketika acara berlangsung, atau secara singkat feedbacknya adalah perusahaan anda akan dipromosikan secara langsung.

2. Pemberian dana sebagai bentuk sewa stan

Selanjutnya adalah bentuk sponsor yang juga umum diberikan oleh perusahaan. Pada bentuk sponsor ini, perusahaan menyewa tempat atau tenant pada acara tersebut.

Feedback yang didapatkan oleh bentuk sponsor ini adalah, perusahaan dapat melakukan penjualan langsung atau direct selling pada acara atau kegiatan tersebut sehingga selain promosi, perusahaan juga dapat meningkatkan penjualan.

Biasanya, pihak acara akan menawarkan tempat untuk perusahaan dengan mematok harga tertentu untuk dibayarkan oleh perusahaan jika mau mensponsori dan mendirikan tenant/ stan penjualan di acara tersebut.

3. Pemberian produk

Bentuk selanjutnya adalah pemberian produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Misalnya, pada rincian biaya yang terdapat pada proposal adalah dibutuhkan air mineral sebanyak 20 karton.

Apabila pihak acara mengajukan sponsor ke perusahaan air minum misalnya, pihak perusahaan air minum bisa mensponsori berupa memberikan produknya untuk memenuhi kebutuhan acara yakni air mineral sebanyak 20 karton.

Apabila perusahaan mensponsori dengan cara memberikan produk, benefit yang didapat selain dipromosikan yakni para peserta atau tamu yang hadir pada acara tersebut akan secara langsung merasakan produk yang perusahaan produksi sehingga kegiatan promosi akan semakin maksimal.

4. Pemberian jasa

Bentuk sponsor selanjutnya adalah serupa dengan point ke tiga, tetapi dalam hal ini berbentuk jasa. Jasa yang ditawarkan tergantung dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh penyelenggara acara dan juga pihak perusahaan yang menyediakan.

Misalnya, pihak acara mengajukan proposal sponsor kepada suatu perusahaan jasa soundsystem, maka perusahaan soundsystem tersebut dapat memberikan sponsor berupa jasanya untuk mengatur sistem suara pada acara tersebut tanpa harus pihak acara mengeluarkan dana untuk membayar jasa yang telah dilakukan.

5. Potongan atau diskon

Bentuk sponsor yang dapat diberikan oleh perusahaan yang selanjutnya adalah berupa potongan harga atau diskon atas suatu yang diusahakan pada perusahaannya.

Ini memang dapat terjadi apabila misalnya apa yang diajukan oleh pihak penyelanggara acara adalah sesuatu yang jumlahnya sangat besar. Misalnya pengaju proposal ingin mengajukan sponsor atas pencetakan pamflet, spanduk, dan juga backdrop.

Dikarenakan jumlah yang sangat besar bagi perusahaan, maka perusahaan bisa memberikan diskon atau potongan harga untuk sponsor yang diberikan.

Simak ulasan terkait mengenai tips bijak berburu diskon belanja serta info menarik lainnya tentang strategi berjualan di bazar agar lari manis

Itulah beberapa bentuk sponsor yang diberikan oleh perusahaan kepada pengaju proposal yang ingin mengadakan suatu kegiatan atau acara.

Pada akhirnya, ketika kita mengajukan proposal itu artinya kita sedang meminta bantuan. Apapun yang diberikan oleh perusahaan, sudah sepantasnya dihargai dan diapresiasi berapapun jumlahnya dan apapun bentuknya, dan bagaimanapun bantuan yang diberikan tentu akan membantu menyukseskan acara yang kita selenggarakan. Sekian artikel ini semoga dapat memberikan pembaca sekalian manfaat baik manfaat praktis maupun teoritis.

Written by Rika Aristiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *