Aplikasi Pengelola File Arsip Terbaik Untuk Android

APK pengelola file

Saat ini penggunaan file arsip dalam kebutuhan pengolahan data tentu sudah hal yang umum untuk digunakan.

Banyak keuntungan yang didapatkan terutama kepraktisannya, seperti pengkategorian yang lebih mudah, lebih aman karena bisa diproteksi, serta proses transfer data yang lebih mudah.

Format file arsip pertama dikenalkan dan hadir di OS Windows, namun sekarang juga sudah menyebar ke berbagai perangkat lainnya, termasuk Android.

Untuk pengguna Android sudah banyak aplikasi yang hadir untuk manajemen file arsip, dan rata-rata semua menawarkan fitur unggulan.

Namun, pada intinya hanya fungsi utamanya saja yang dipakai, terlebih jika digunakan oleh pengguna biasa. Apalagi sekarang banyak vendor smartphone yang sudah menyediakan aplikasi bawaan yang langsung bisa digunakan untuk mengelola file arsip.

Tapi jika Anda membutuhkan aplikasi yang memiliki fitur lebih, beberapa diantaranya yang kami informasikan berikut bisa dijadikan alternatif pilihan.

Rekomendasi APK Pengelola Arsip Untuk OS Android

1. B1 Archiver

B1 Archiver memang tidak sepopuler Winzip dan Winrar untuk versi PC, namun untuk versi Android B1 Archiver mengalahkan keduanya.

Mendukung kompatibilitas untuk 37 format file terasa sangat berlebihan mungkin, terlebih hanya beberapa format saja yang biasanya digunakan.

Namun jika Anda dalam suatu aktivitas pengolahan arsip manajemen sebuah perusahaan besar tentu sangat membantu. Antarmuka yang disajikan sangat elegan dengan nuansa latar belakang gelap dan semua keterangan berwarna biru dan putih.

Baca Juga  9 Situs Jual Foto Penghasil Uang Terbaik Dengan Bayaran Tinggi

Jika anda menggunakan versi gratisnya maka akan ada beberapa iklan ditampilkan, ada baiknya gunakan yang versi premium. Dengan begitu semua fitur yang sangat banyak bisa Anda dapatkan, terlebih harganya juga relatif murah hanya sekitar 2 dollar.

2. MiXplorer Silver

MiXplorer Silver membawa fitur yang secara umum memang ada disetiap aplikasi arsip manajemen. Hanya saja MiXplorer Silver lumayan banyak mendukung format file daripada aplikasi lain dalam daftar ini. Kurang lebih ada sekitar 25 macam format file yang didukungnya.

Serta juga mampu mengakses file arsip dari berbagai hosting, ini tentu sesuatu yang jarang dihadirkan oleh para pesaingnya jika pun ada biasanya harus menambah biaya berlangganan.

Sebagai pendatang baru MiXplorer Silver cukup banyak menyita perhatian, memang yang mengunduhnya dari Google Play Store masih sedikit.

Namun rata-rata semua ulasan menyampaikan kepuasannya dalam menggunakan MiXplorer Silver untuk mengelola atau sebagai file arsip manajemen yang mereka gunakan.

3. RAR

RAR dirilis oleh RARLAB, pengembang yang sama dengan Winrar versi PC yang sangat populer dan bersaing ketat dengan WinZip.

Versi Androidnya mendukung banyak format file seperti; rar, zip, tar, 7z, dan banyak lainnya. Fitur enkripsi dan kata sandi juga disediakan di versi Android.

Salah satu fitur andalannya adalah kemampuan untuk memperbaiki file arsip yang rusak, dilaporkan tingkat keberhasilan minimumnya mencapai 50%.

Baca Juga  Game Playstore Yang Menghasilkan Uang Lewat Paypal dan Rekening Bank

Namun perlu diketahui sejatinya jika file arsip yang sudah rusak kemungkinan besar data yang ditampilkan juga tidak sempurna biarpun berhasil diperbaiki secara signifikan.

Bagi Anda pengguna Winrar versi PC wajib mencoba versi Androidnya, karena secara tampilan mirip dan akan lebih mempermudah dalam pengoperasiannya.

4. WinZip

Banyak orang pasti menggunakan Winzip di PC mereka dan kini aplikasi tersebut telah hadir di Android. WinZip versi PC memang sangat populer bahkan seringnya bagi sebagian pengguna menyebut file arsip sebagai file winzip.

Secara fungsi versi Androidnya juga sama serta mendukung banyak format file arsip. Kelebihan yang jarang dimiliki pesaingnya adalah kemampuan untuk mengakses file arsip dari Dropbox dan Google Drive. Fitur itu baru dihadirkan oleh beberapa pesaingnya baru-baru ini.

Desain tampilannya sangat modern dan elegan. Namun juga ditemui beberapa laporan dari pengguna yang mengatakan versi Androidnya sedikit lebih lambat daripada aplikasi lain dalam daftar ini. Selain itu biaya berlangganan sebesar 10 dollar per tahun juga dirasa memberatkan.

5. ZArchiver

ZArchiver adalah aplikasi yang benar-benar gratis dan telah ada di Googgle Play Store selama bertahun-tahun.

Aplikasi ini memberikan pengalaman pengguna yang baik dengan kontrol yang sangat mudah dan dilengkapi dengan dukungan untuk banyak jenis file arsip.

Ada juga opsi yang biasa digunakan untuk enkripsi, perlindungan kata sandi, dan pengkategorian arsip terpisah jika Anda membutuhkannya.

Baca Juga  Main Game Dapat Uang Tanpa Modal, Chip Bisa Dijual

Benar-benar tidak ada yang mengecewakan dengan aplikasi ini, tetapi itu juga belum tentu cocok untuk semua orang. Aplikasi ini bagus untuk mereka yang hanya ingin membuka arsip, mengarsipkan file dan folder, dan mengedit arsip.

Aplikasi ini akan melakukan segala kebutuhan pengarsipan secara umum dengan hasil yang sangat memuaskan. Terlebih hampir sebagian pengguna akan merekomendasikannya, karena di Google Play Store memiliki rating yang tinggi dan banyak ulasan posisiti membahasnya.

Baca juga info terkait mengenai apk game menghasilkan uang dan cara mendapat penghasilan lewat hp

Written by Micko Ananta

Blogger dengan pengalaman dalam SEO dan pengolahan konten di website dan media sosial dari salah satu perusahaan telekomunikasi selama 3 tahun di Jakarta.