Strategi Menarik Pelanggan dan Kiat Sukses Membangun Usaha Kuliner

Memiliki strategi yang jitu untuk menarik pelanggan khususnya bagi anda yang membangun usaha kuliner adalah salah satu faktor paling penting yang dapat menunjang kesuksesan dalam menajalankan bisnis.

Majunya perkembangan jaman akhirnya membuat orang berkreasi dengan imajinasi dan ide kreatifnya untuk mengolah berbagai jenis bahan makanan dan menghasilkan kreasi makanan dengan rasa yang unik serta menggugah selera sehingga banyak orang yang ingin mencicipinya.

Bisnis kuliner sekarang merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan karena memiliki sasaran semua umur tanpa batasan untuk dapat menikmatinya. Cita rasa makanan, cara penyajian, bahkan tempat usaha anda merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan selain terus memikirkan inovasi baru.

5 Langkah penting dalam membangun usaha kuliner agar dapat menarik pelanggan lebih banyak

Dibawah ini ada beberapa tips untuk menarik minat pelanggan buat anda yang tertarik memulai usaha kuliner:

#1 Jadikan pembeli baru sebagai pelanggan tetap

Pertama adalah tentang cita rasa makanan yang akan menentukan apakah seorang customer akan kembali mengunjungi tempat usaha kuliner anda dan menjadi pelanggan tetap.

Semakin lebih baik jika mereka tidak cuma selalu berkunjung untuk mencicipi kembali kuliner yang anda sajikan tetapi juga akan merekomendasikan usaha kuliner anda untuk dicicipi oleh customer lain.

Penyajan makanan bahkan tempat usaha anda yang cozy bisa menjadi daya tarik tersendiri saat fotonya diunggah di sosial media.

Jika usaha kuliner anda sudah mempunyai pelanggan tetap usahakan menjaga kualitas makanan yang anda sajikan.

Jangan sampai mengganti bahan makanan dengan bahan yang lebih murah dan tidak bagus atau malah mengurangi takarannya karena sekali pelanggan merasa kecewa maka tentu akan sangat buruk bagi perjalanan bisnis anda kedepannya.

#2 Selalu pikirkan ide serta inovasi baru

Usaha kuliner merupakan usaha yang paling banyak mempunyai saingan. Pelanggan anda tentu akan mencoba kuliner di tempat lain dan tidak kecil kemungkinan bagi mereka untuk berpindah tempat kuliner karena merasakan sensasi cita rasa makanan yang baru.

Sebagai pemilik usaha kuliner maka anda harus mencoba ide-ide baru yang kreatif yang mungkin dapat anda praktekkan. Cobalah melakukan sesuatu yang baru atau minimal memperbaiki menjadi lebih baik.

Dari segi pemasaran anda dapat mencoba memberikan discount, voucher atau promo-promo tertentu. Anda juga bisa mengajak pelanggan anda untuk mengunggah foto disertai beberapa hashtag sehingga makin memperluas kemungkinan customer baru mengenal tempat usaha anda.

#3 Layanan terbaik untuk semua pelanggan

Pelanggan adalah raja, perlakukan pelanggan seperti anda memperlakukan seorang raja. Cara melayani pelanggan juga merupakan hal penting yang harus anda tekankan kepada seluruh karyawan supaya tidak ada yang beresiko mengecewakan.

Anda dapat memberikan contoh atau training pada karyawan untuk melayani pelanggan sebaik mungkin agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang mereka terima.

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan memperlakukan mereka secara istimewa dengan cara memberikan surprise kepada pelanggan yang sedang merayakan hari istimewa adalah salah satu contoh menciptakan strategi bisnis yang layak dicoba.

#4 Selalu optimis dan berpikir positif

Jika ingin usaha anda berhasil dan berkembang maka harus selalu optimis dan berpikirlah positif. Jangan lelah untuk berusaha dan mencoba, hari ini anda boleh gagal tapi mungkin anda bisa menemukan kunci keberhasilan itu dikemudian hari.

#5 Manajemen bisnis yang baik dan konsisten

Saat bisnis anda mulai berjalan, anda harus konsisten dalam menerapkan manajemen usaha secara profesional seperti membiasakan mencatat atau membuat laporan keuangan adalah salah satunya.

Dengan memiliki laporan keuangan yang baik maka anda bisa mengetahui keuntungan dan kerugian pada bisnis tersebut sehingga anda sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk progres berikutnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed