Contoh Pekerjaan Wirausaha Yang Tidak Mengharuskan Pendidikan Tinggi

Pendidikan memanglah hal yang sangat penting. Tidak mengherankan bahwa orang berlomba-lomba masuk sekolah maupun universitas tinggi favorit. Ditambah lagi mengikuti lembaga bimbingan belajar non formal untuk mewujudukan impian masuk sekolah atau universitas favorit tersebut.

Dasar pendidikan dijadikan suatu tiket untuk nantinya memiliki pekerjaan sebagai tolak ukur kesuksesan. Padahal, pendidikan tidak menjamin hal tersebut.

Dalam pekerjaan, pendidikan bukanlah satu-satunya hal yang penting. Softskill atau keterampilan sangatlah dibutuhkan dewasa ini.

Maka setelah mengetahui fenomena diatas, tidak salah apabila banyak sekali pengangguran. Mereka lulusan-lulusan tentunya tidak semua berkualitas. Yang berkualitas pun juga banyak, yang artinya mereka harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan. Ditambah pula bahwa fakta terbatasnya lapangan pekerjaan.

Dari uraian tersebut, dapat dikatakan bahwa pendidikan bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan pekerjaan. Yang lebih penting dari sekedar ijazah tersebut adalah keterampilan dan keahlian kalian, tentu saja ditambah sikap ulet dan pantang menyerah.

Beberapa contoh usaha menjanjikan yang tidak harus dengan pendidikan tinggi

Berikut ini adalah beberapa ide berbisnis bagi kalian yang mana bisnis ini lebih membutuhkan keahlian dan keterampilan dibandingan dengan tingkat pendidikan:

#1 Membuka usaha cuci steam kendaraan

Peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan

Banyaknya jumlah kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor dapat menjadi peluang bisnis. Membuka usaha cuci steam kendaraan atau cuci uap menjadi pilihan berbisnis yang tepat.

Siapapun bisa memulai usaha ini. Tentu saja tidak perlu ijazah apapun, yang diperlukan adalah keterampilan dalam mengolah strategi usaha.

Baca juga ulasan terkait mengenaiĀ peluang usaha menjanjikan dengan modal kecil serta artikel menarik lainnya tentang alasan bahwa seorang mahasiswa harus sudah mulai belajar berbisnis.

#2 Laundry Pakaian

Peluang bisnis menguntungkan bidang jasa

Bisnis satu ini bisa menjadi ladang yang subur apabila anda mengerti dan memahami strategi pemasarannya. Laundry pakaian sangat dibutuhkan akhir-akhir ini mengingat kini masyarakat mencari sesuatu untuk membuat hidupnya lebih efektif dan efisien, apalagi mengenai kebutuhan mendasar hidupnya seperti cuci pakaian.

Untuk memulai bisnis ini, anda tidak harus lulusan pendidikan atau memiliki titel tertentu karena siapa saja bisa memulai usaha ini.

Agar bisnis anda tidak kalah bersaing, anda bisa mengolah laundry pakaian anda sekreatif mungkin agar berbeda dengan laundry kebanyakan sehingga orang memilih menggunakan jasa anda.

#3 Bengkel kendaraan

Mungkin anda mulai bertanya-tanya, apakah pemilik bengkel itu selalu lulusan teknik mesin atau teknik kendaraan bermotor? Jawabannya adalah tidak.

Pada kenyataannya bahkan para pemiliki bengkel yang ramai dan sukses bukanlah dari lulusan teknik. Ia dapat mencapai kesuksesan dalam usaha perbengkelannya karena passion pemilik tersebut akan dunia perbengkelannya. Jadi, seorang yang tidak berpendidikan tinggi pun bisa menjadi seorang mekanik yang handal.

#4 Bisnis Kuliner

Peluang usaha prospek menjanjikan bidang kuliner

Dunia kuliner juga mulai ramai akhir-akhir ini. Bahkan, kuliner seperti sudah menjadi sebuah taman hiburan untuk orang-orang dalam berlibur diakhir pekan.

Siapa saja bisa berjualan makanan dan membuka tempat makan. Bagi anda yang memiliki ketertarikan dibidang kuliner, bisa memulai usaha ini.

Dalam merintis bisnis kuliner, anda juga tidak perlu membayangkan langsung membangun restoran yang megah dan besar.

Anda dapat menjajakan makanan yang anda produksi lewat online, kemudian bisa bertahap membangun warung sederhana dan seterusnya. Siapa tahu anda bisa menjadi pebisnis kuliner yang sukses dengan outlet yang tersebar diseluruh kota di Indonesia, kan?

Baca selengkapnya tentangĀ strategi menarik pelanggan agar usaha kuliner sukses serta ulasan terkait mengenai cara mendapatkan modal usaha dari pinjaman uang online cepat cair.

#4 Seniman dan entertainmnet

Tidak ada yang perduli dengan latarbelakang pendidikan anda. Seorang seniman adalah orang yang menjual karya seninya, dimana orang menikmati tersebut dan mengapresiasinya.

Seniman didalamnya termasuk artis, pelukis, penyanyi, pengrajin, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan seni.

Jika anda bisa menghasilkan karya yang bagus dan diminati, tidak perlu khawatir uang akan mendatangi anda. Begitu pula artis yang kerjanya muncul dilayar televisi, ketika ia memiliki nama dalam artian sedang populer, uang bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Sedikit kiat untuk anda yang akan memulai bisnis tanpa basik pendidikan:

  1. Mulailah membicarakan rencana anda kepada orang terdekat ataupun orang yang anda percaya. Bisa orang tua, sanak saudara, ataupun pasangan kalian. Ini penting, karena bisa membantu anda berfikir secara objektif.
  2. Sebagai kelanjutan pada point pertama, jangan terlalu PD atau jangan terlalu menyerahkan kepercayaan anda kepada orang lain. Ingatlah bahwa dunia ini sangat luas dan siapa saja bisa berbuat hal yang menguntungkan dirinya sendiri.
  3. Meningkatkan keterampilan dengan belajar baik secara mandiri atau melalui seminar-seminar. Juga terus mengasah kesabaran, keuletan, dan sikap optimis.
  4. Belajar melihat peluang usaha dengan sangat jeli karena sebuah kesuksesan akan menghampiri siapa saja yang mau berusaha.

Artikel ini tidak menyarankan anda untuk mengkesampingkan hal-hal yang berkaitan dengan kependidikan, bagaimanapun pendidikan itu sangatlah penting. Tetapi, pendidikan bukanlah satu-satunya jalan dan bukan hanya satu aspek penentu kesuksesan. Salam sukses!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed