Kuliah Sambil Kerja: Simak Beberapa Keuntungannya Yang Dapat Anda Peroleh Nantinya

Menjalani kuliah sambil melakukan kerja sampingan? kenapa tidak, Masa menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi biasanya identik dengan kebebasan. Bebas karena tidak terikat lagi dengan jam sekolah yang padat dari pagi hingga siang hari. Bebas untuk mengatur jadwal kuliah yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kegiatan anda.

Tetapi jangan sampai kebebasan tersebut membuat anda terlena sehingga mengganggu aktifitas kuliah dan melupakan kewajiban utama yang seharusnya didahulukan.

Selain menawarkan kebebasan seorang mahasiswa dituntut untuk belajar lebih bertanggung jawab sehingga ada sebagian mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja.

Ada dua alasan yang menyebabkan seorang mahasiswa memutuskan kuliah sambil bekerja:

1. Membutuhkan Dana

Salah satu faktor utama yang membuat seseorang terpaksa kuliah sambil bekerja adalah faktor keuangan. Tidak mempunyai dana yang cukup untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi yang tentu saja tidak bisa dibilang murah bahkan bukan di Universitas favorit sekalipun.

Sementara keadaan faktor keuangan orang tua yang tidak memungkinkan karena harus dipergunakan untuk membiayai kebutuhan lain yang lebih penting. Satu-satunya jalan yang harus anda tempuh untuk membiayai kuliah anda tentu saja mencari dana dengan cara bekerja.

2. Mencari Pengalaman

Mungkin anda mempunyai keinginan mencari pengalaman di dunia kerja terlebih dahulu sebelum akhirnya anda memutuskan untuk bekerja setelah menyelesaikan kuliah.

Tidak ada salahnya kuliah sambil bekerja, namun perlu diingat bahwa jangan sampai bekerja menyebabkan kuliah anda terganggu dan terbengkalai bahkan melewati target untuk menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya.

Penghasilan yang anda peroleh selama bekerja akan habis terpakai untuk biaya kuliah jika anda tidak dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan tentu saja hal itu sangat merugikan anda.

Simak juga info menarik lainnya tentangĀ peluang usaha yang menjanjikan tahun 2019 serta ulasan terkait mengenai aktifitas yang bisa menghasilkan uang dari sosial media.

Keuntungan paling realistis ketika menjalani kuliah sambil bekerja

Akan tetapi ada beberapa keuntungan yang akan anda peroleh jika anda memutuskan kuliah sambil bekerja. Berikut ini 5 keuntungan kuliah sambil bekerja yang dapat anda simak:

#1 Faktor Usia

Keuntungan pertama adalah pada faktor usia. Faktor usia yang relatif masih muda adalah usia seseorang memasuki fase produktif. Fase dimana anda mampu mengerjakan lebih banyak hal.

Saat masih muda anda memiliki fisik yang lebih kuat. Berbeda tentunya jika fase produktif ini sudah berlalu, anda akan merasa cepat lelah dengan ritme kegiatan yang sama.

Selain itu anda juga masih mempunyai semangat yang besar dalam menyelesaikan semua pekerjaan anda.

Suatu keuntungan besar yang tidak akan anda temui lagi jika usia anda bertambah. Jadi manfaatkan fase produktf anda semaksimal mungkin selama anda masih mampu.

#2 Mandiri

Keuntungan kedua jika anda kuliah sambil bekerja adalah anda belajar untuk menjadi lebih mandiri dibanding teman seusia anda.

Anda tidak lagi menggantungkan hidup pada orang tua karena sudah mampu mencari penghasilan untuk membiayai kuliah anda.

Dengan hidup mandiri anda juga belajar bertanggung jawab atas hidup anda dan berusaha untuk selalu menyelesaikan semua masalah yang anda hadapi di bangku kuliah maupun di tempat kerja.

#3 Mempersiapkan Diri

Semakin muda usia anda dalam bekerja maka kemampuan anda dalam berpikir akan di asah semakin tajam. Satu keuntungan bagi anda untuk mampu melihat peluang yang ada di dalam dunia kerja.

Di era digital ini hampir setiap sektor ekonomi mempergunakan mesin sebagai pengganti tenaga manusia. Salah satu contoh era manual yang mulai ditinggalkan dan diganti oleh mesin adalah penjaga gerbang tol. Pengelola jalan tol mengurangi pemakaian tenaga manusia dengan penggunaan mesin e toll di pintu gerbang tol.

Dan masih banyak lagi era manual yang lambat laun akan ditinggalkan. Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan di era digital ini sehingga pada saatnya nanti anda tidak akan salah memilih satu jenis pekerjaan yang tepat untuk anda.

#4 Mempunyai Bekal

Anda satu step lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa lain yang belum mempunyai pengalaman bekerja dengan memiliki dua bekal sekaligus yaitu bekal teori dan bekal praktek.

Dengan keuntungan yang anda miliki ini tentu lebih banyak perusahaan yang tertarik untuk mempekerjakan anda karena anda dinilai sudah memiliki lebih banyak pengalaman bekerja dan bukan sekedar teori mata kuliah saja.

#5 Siap Menghadapi Tantangan

Dunia kerja sudah tentu sangat berbeda dengan teori yang anda dapatkan di perguruan tinggi. Banyak hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda bisa terjadi di dalam dunia kerja. Beragam sifat manusia dengan kepentingan yang berbeda berkumpul pada suatu tempat akan menimbulkan suasana yang berbeda pula.

Keuntungan terakhir yang anda dapatkan jika anda sudah terbiasa bekerja pada saat masih kuliah adalah anda sudah siap menghadapi tantangan yang ada di tempat kerja. Lain halnya jika anda baru pertama kali mulai bekerja pada saat kuliah berakhir bisa jadi anda akan kaget melihat suasana kerja yang demikian dan tidak siap untuk menghadapinya.

Demikian 5 keuntungan yang akan anda peroleh jika anda memutuskan kuliah sambil bekerja atau mungkin dapat membantu anda menemukan solusi yang tepat jika sekarang anda merasa kesulitan untuk memilih antara kuliah atau sambil bekerja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed