Aneka Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil di Tahun 2018

Peluang bisnis 2018 dengan modal kecil serta usaha yang menjanjikan untuk di tekuni saat ini sebenarnya masih banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan, apabila seseorang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dimana mereka akan menjalankannya.

Kesuksesan dalam menggeluti sebuah bisnis, baik usaha rumahan maupun sejenis UKM, hal terpenting yang wajib menjadi dasar atau acuan ialah bagaimana anda mampu membuat analisa terlebih dahulu mengenai calon konsumen yang akan di target.

Apalagi jika hanya mengandalkan ketersediaan modal kecil, maka efisiensi biaya operasional, belanja bahan baku serta infrastruktur lainnya sangat penting agar diperhiungkan secara detail.

Usaha kecil menengah saat ini telah dipercaya sebagai penunjang atau memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian negara sehingga pemerintah begitu antusias dengan memberikan berbagai dukungan termasuk dalam bentuk modal usaha hingga kemudahan mengurus perijinan.

Beragam jenis peluang usaha modal kecil yang memiliki prospek sangat menjanjikan saat ini dan analisa perhitungannya

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha kecil kecilan sebagai inspirasi bisnis serta dapat anda jadikan bahan analisa untuk menentukan jenis bisnis apa yang paling ideal atau sesuai dengan situasi serta kompetensi anda.

Usaha di bidang kuliner – Peluang bisnis yang tidak ada matinya sepanjang masa

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis usaha yang satu ini yaitu di bidang kuliner merupakan salah satu contoh usaha yang tidak ada matinya sampai kapanpun, mengingat makanan sudah menjadi kebutuhan pokok semua manusia yang hidup di dunia ini.

Dengan demikian ketika anda merencanakan untuk memulai sebuah bisnis kuliner maka ada beberapa tahap yang harus anda persiapkan diantaranya ialah:

  • Survei lokasi – Pada poin ini anda sebaiknya sudah memahami tentang apa saja yang paling dominan di sukai oleh masyarakat di sekitar lokasi usaha kuliner anda nantinya.
  • Daya beli – Berikutnya ialah menganalisa daya beli masyarakat dengan mengacu pada sektor ekonomi mereka sehingga anda dapat menentukan harga jual nantinya.
  • Bahan baku – Sudah sepatutnya untuk menunjang kelancaran usaha anda harus bisa mendapatkan sumber bahan baku dengan mudah dan terjangkau.
  • Citarasa – Yang satu ini sudah tentu akan menjadi senjata andalan yang dapat membawa usaha kuliner anda lebih cepat menuju sukses.
  • Persaingan – Jangan pernah mengabaikan kompetitor, sehingga anda wajib membuat analisa mengenai tingkat persaingan terhadap bisnis yang sejenis dengan mengetahui apa saja keungulan serta kelemahan pesaing anda.

Selanjutnya akan kami berikan beberapa contoh usaha yang menjanjikan di bidang kuliner dengan modal kecil yang sampai pada saat ini masih cukup menguntungkan untuk dijalankan.

#1 Kuliner warung tenda

Jenis usaha makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, bahkan di kota manapun di seluruh Indonesia akan sangat mudah untuk menemukan warung tenda.

Hanya saja setiap daerah memiliki ciri khas masing masing mengenai menu atau sajian apa yang di jual sesuai dengan selera mayoritas masyarakatnya.

Jangan anggap remeh keuntungan dari usaha makanan ini meskipun tidak memiliki tempat usaha yang permanen karena pada umumnya hanya menggunakan tenda dan mudah di bongkar pasang serta paling banyak menjalankannya di waktu malam.

Tanpa perlu menyewa ruko, tentunya modal yang dibutuhkan sudah lebih terjangkau daripada harus membuka rumah makan seperti depot atau restoran.

Sedangkan peminatnya juga tidak melulu masyarakat biasa, bahkan tidak jarang pula masyarakat dengan ekonomi atas juga menggemari sajian warung tenda ini.

#2 Bisnis kuliner kreatif unik

Peluang usaha prospek menjanjikan bidang kuliner

Sama sama menyajikan menu makanan, akan tetapi konsep usaha ini akan sangat jauh berbeda dengan model warung tenda, depot maupun resto pada umumnya.

Kuliner kreatif dan unik cenderung mengutamakan kratifitas untuk menjadikan menu menu standar agar lebih update sehingga terdengar heboh serta memiliki kesan yang sangat menarik.

Sudah banyak sekali kisah sukses dari orang orang yang merintis bisnis makanan unik ini meskipun olahan yang mereka sajikan hanya berupa jenis makanan yang tidak asing lagi namun dengan sedikit modifikasi nama serta tambahan toping lainnya.

Beberapa contoh usaha makanan unik dan kreatif yang sangat populer dan pernah booming diantaranya ialah:

  • Ayam goreng nelongso – Berupa sajian menu lalapan ayam dengan beragam varian sambal sesuai dengan selera dan boleh mengambil sambal sepuasnya.
  • Mie pedas mampus – Sebenarnya hanya sajian mie goreng biasa akan tetapi terdapat beberapa level pedas yang menantang para penikmatnya.
  • Burger buto – Sajian makanan dengan ukuran ekstra besar sehingga lebih unik dan menarik untuk di coba bersama teman, kolega maupun keluarga.

Sebenarnya masih sangat banyak varian makanan lainnya dengan nama serta tampilan unik yang dibuat agar lebih menarik konsumen untuk mencobanya.

#3 Kuliner makanan ringan dan jajanan

Bisnis modal kecil di bidang kuliner selanjutnya ialah berjualan makanan ringan atau jajanan yang mana disini juga terdapat banyak sekali pilihan yang bisa di bidik menyesuaikan dengan target konsumen anda.

Makanan ringan tidak hanya memiliki konsumen anak anak saja bahkan tidak jarang pula kaum remaja dan dewasa yang menyukai dan hobi menikmati cemilan disaat waktu luang mereka.

Seperti jajanan gorengan adalah salah satunya. Membuka usaha ini terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang besar.

Kemudian bahan baku yang digunakan juga cukup mudah di dapat dari sekitar anda dengan harga yang juga sangat terjangkau.

Apalagi jika anda bisa membuat jajanan khas untuk oleh oleh tentunya akan semakin memiliki potensi yang bagus jika strategi pemasaran yang dilakukan sangat mengena misalkan saja lokasi anda dekat dengan tempat wisata, terminal, stasiun atau tempat keramaian lainnya.

#4 Bisnis waralaba (franchise) minuman

Peluang usaha waralaba minuman yang sangat menjanjikan
Masih ingatkah anda tentang kisah viral ibu Ovi sang juragan waralaba minuman nyoklat klasik yang kaya raya dan gempar dengan videonya menyebar uang?

Kenapa beliau bisa sampai sekaya itu karena outlet waralabanya yang sudah tersebar luas diseluruh Indonesia dan memiliki banyak peminat untuk sajian minuman coklatnya dengan aneka rasa dan toping yang menggugah selera.

Minuman coklat tidak hanya digemari oleh anak anak dan remaja saja, bahkan orang dewasa juga sangat menyukainya. Jadi tidak heran apabila usaha kecil jenis ini memang akan mudah untuk mendapatkan konsumen dan cukup potensial untuk dijalankan.

Untuk dapat bergabung atau bermitra dengan waralaba nyoklat klasik ini anda hanya membutuhkan modal mnimal sebesar Rp 17 juta dan akan mendapatkan paket minibar lengkap dengan peralatan untuk siap berjualan.

Informasi lebih lanjut untuk menghubungi pemilik brand anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.nyoklat-klasik.com

Selain itu juga masih banyak jenis usaha kecil dengan sistem waralaba lainnya seperti Teh racik, Monster ice bland, Celsi milk tea dll yang juga tidak kalah menjanjikan untuk di jalankan dengan budget modal yang tidak terlalu besar.

Usaha yang menjanjikan di bidang layanan dan jasa

Terlepas dari bisnis menguntungkan di bidang kuliner, menjalani dunia usaha 2018 ini juga telah bermunculan beragam jenis usaha baru baik dalam skala kecil menengah (UKM), usaha rumahan hingga yang berbasis teknologi untuk bidang jasa.

Semua ini memang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi khususnya internet yang telah memberikan banyak kemudahan dalam menjalankan strategi bisnis meliputi analisa pasar hingga metode pemasarannya.

Beberapa contoh usaha di bidang jasa yang terbilang masih memiliki prospek sangat menjanjikan dan menguntungkan untuk ditekuni diantaranya ialah:

#1 Jasa laundry kiloan

Peluang bisnis menguntungkan bidang jasa

Usaha yang menguntungkan dibidang jasa paling pertama yang menjadi rekomendasi kami adalah membuka bisnis laundry kiloan.

Meskipun bukan sesuatu yang baru, bisnis ini terbilang tetap laris dan banyak sekali dibutuhkan oleh konsumen khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan mayoritas masyarakat sibuk bekerja.

Untuk memulai usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil dengan estimasi dan simulasi perhitungan sebagai berikut:

Perhitungan modal usaha

Estimasi dalam tahap pengadaan peralatan serta pendukung lainnya kita gunakan patokan yang paling minimalis menyesuaikan dengan keterbatasan modal.

  • Mesin cuci kualitas sedang : Rp 2.500.000
  • Timbangan digital kapasitas 15kg : Rp 60.000
  • Ember atau bak cucian 5 buah : Rp 150.000
  • Hanger plastik sebanyak 2 gross ditambah Jepitan Baju: Rp 100.000
  • Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel: Rp 170.000
  • Rak besi siku komplit: Rp 200.000
  • Barang barang administrasi (Bulpoin, Buku nota, Kertas laporan kas, kertas karbon Hitam, buku Note, Sebuah dispenser selotip + isi selotip, isi staples, dan lainya): Rp 100.000
  • Peralatan air bersih nyuci ,Sikat Baju + Sprayer + Selang sekitar 10 m: Rp 80.000
  • Aneka pendukung cucian ( Detergen + Dan Lainya ) : Rp 60.000
  • Membuat spanduk banner (papan nama) dengan panjang 1,5m x 1 Meter : Rp. 40.000

Sehingga kita dapatkan total modal yang harus dipersiapkan sebesar: Rp 3.460.000 dan ini belum termasuk pengadaan lokasi usaha, penataan ruang serta branding dan promosi sehingga boleh dibulatkan menjadi Rp 5juta.

Potensi penghasilan dan keuntungan

Sampai pada tahap ini, penentuan lokasi usaha adalah hal paling berpengaruh terhadap tingkat penghasilan yang nantinya akan diperoleh.

Dari beberapa pengusaha laundry yang sudah sukses, mereka cenderung memilih lokasi tempat usaha disekitar kampus atau daerah kos yang mana untuk bisa mendapatkan konsumen sampai 50kg cucian setiap hari akan sangat mudah.

Jika estimasi untuk profit per kilonya adalah Rp 5ribu, maka dalam sehari sudah bisa mengantongi penghasilan Rp 250.000

Untuk waktu kerja selama 1 bulan penuh sudah jelas bisa mendapatkan kisaran Rp 7,5 juta belum lagi dipotong untuk biaya operasional seperti membayar karyawan serta biaya listrik dan air.

#2 Usaha jasa percetakan dan rincian biayanya

Bisnis menjanjikan saat ini di bidang jasa

Peluang usaha 2018 yang menjanjikan dibidang jasa berikutnya ialah bisnis percetakan yang mana sampai pda saat ini masih memiliki potensi cukup bagus untuk dijalankan.

Usaha percetakan bisa dibilang tak pernah ada matinya dan akan terus mengalami perkembangan yang pesat.

Dengan di dukung oleh hadirnya teknologi digital maka proses pengerjaan orderan bisa dilakukan dalam jumlah besar dengan waktu yang relatif lebih cepat. Disisi lain, percetakan digital juga dapat di nilai lebih murah dari segi pembuatannya.

Rincian modal

Berikut ini ialah estimasi rincian biaya modal untuk memulai usaha percetakan dengan budget yang paling minim:

  • Mesin percetakan atau printer digital seharga Rp 10 juta
  • Komputer spek desain seharga Rp 5 juta
  • Mesin pemotong seharga Rp 3 juta
  • Software aplikasi coreldraw dan photoshop Rp 200 ribu
  • Mesin laminating dan bahan laminasi seharga Rp 800 ribu
  • CD program contoh desain, frame kalender, frame bingkai poto, dan background foto seharga Rp 300 ribu
  • Tinta mesin cetak seharga Rp 300 ribu
  • Larutan pembersih seharga Rp 400 ribu

Dengan mendapatkan total modal sebesar kurang lebih Rp 20 juta maka anda sudah dapat memulai usaha jasa percetakan tanpa harus menyewa tempat karena bisa dilakukan di tempat tinggal.

Adapun beberapa orderan yang saat ini paling laris diantaranya seperti sablon, printing banner, nota, kalender dan beragam desain undangan maupun percetakan buku.

#3 Jasa bimbingan belajar

Tentunya siapa saja pasti setuju jika bisnis di bidang pendidikan akan tetap dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman.

Hal ini didukung oleh kesadaran setiap orang tua bahwa pentingnya memberikan pendidikan terbaik bagi anak anaknya supaya lebih berprestasi dan mampu berkompetensi di kemudian hari.

Usaha jasa bimbingan belajar merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan yang dapat dijalankan dengan keterbatasan modal karena pada dasarnya hanya membutuhkan tenaga pengajar dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi untuk mengelolanya.

Anda bisa memanfaatkan rumah tinggal sebagai tempat usaha ini dan merekrut mahasiswa yang siap untuk bekerja sampingan menjadi tenaga pengajar bagi anak anak sekolah dasar yang ingin mendapatkan pendidikan tambahan di luar jam sekolah.

#4 Jasa cuci motor

Peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan

Dengan modal yang tidak terlalu besar, membuka usaha cuci motor bisa menjadi pilihan yang sangat potensial mengingat semakin banyaknya pengguna kendaraan roda dua sudah tentu menjadikan peluang bisnis ini semakin menjanjikan.

Analisa perhitungan

Disini anggaplah anda sudah memiliki tempat dan tidak memperhitungkan lagi untuk biaya sewa atau pengadaan tempat usaha.

Dengan demikian maka hanya membutuhkan modal sekitar Rp 7 juta untuk segera bisa membuka usaha ini dengan rincian sebagai berikut.

Perhatikan simulasi sederhana modal usaha cuci motor berikut ini :

Alat steam dan Kompresor Rp 5.000.000
Seting tempat + Alat pendukung Rp 2.000.000
Total Rp 7.000.000

Keterangan:

Mengacu pada perhitungan di atas maka asumsi kita adalah pekerjaan ini akan anda jalankan sendiri tanpa karyawan dan mengabaikan adanya biaya operasional harian atau bulanan sperti tagihan listrik dan air.

Jika ikut memperhitungkan biaya oprasional bulanan dan gaji karyawan maka anggaplah ada tambahan anggaran sebesar maksimum Rp 3 juta sehingga modal awal yang dibutuhkan ialah sebesar Rp 10 jutaan.

Berapa potensi keuntungannya?

Misalkan saja dalam 1 hari bisa mendapatkan 20 konsumen dengan ongkos cuci motor saat ini sudah Rp 12 ribu/unit maka dalam satu bulan anda akan memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp 7 juta lebih.

Untuk membayar 2 orang karyawan perbulan sebesar Rp 2 juta ditambah biaya operasional sebesar Rp 1 jutaan maka anda sudah bisa menyisihkan hasil bersih kisaran Rp 4 juta yang akan anda hitung untuk pengembalian modal dalam 2 bulan kedepan.

Setelah itu anda hanya akan memikirkan pengeluaran biaya perawatan alat dan tempat usaha serta gaji karyawan dan operasional saja. Sisanya adalah sudah murni keuntungan bersih yang bisa anda simpan untuk kebutuhan lainnya.

Bisnis Online – Usaha dengan modal kecil yang sedang trend dan booming saat ini

Kemajuan teknologi memang tidak dapat ditampik meskipun kehadirannya juga memiliki sisi negatif dan positif bagi semua penggunanya.

Salah satunya ialah teknologi internet yang saat ini sudah menjadi bagian hidup masyarakat pada umumnya meskipun diantaranya masih sangat sedikit yang memanfaatkan kecanggihan internet ini sebagai media bisnis yang menguntungkan.

Hingga saat ini sudah banyak sekali jenis bisnis online yang terbukti dapat menghasilkan uang dari internet sehingga bisa gajian rutin seperti pegawai negeri sipil (PNS) setiap bulannya.

Apa saja bentuk bisnis internet yang paling populer dan bagaimana cara kerjanya, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa menjadi referensi untuk anda.

#1 Menjalankan online shop

Bisnis online tanpa modal yang menguntungkan

Menjadi salah satu bisnis online paling menjanjikan, memiliki toko online juga tidak harus dengan mengeluarkan modal besar karena anda bisa memanfaatkan banyak sekali media gratisan seperti sosial media sebagai tempat jualan.

Jadi ada beberapa sistem bisnis toko online yang memang benar benar tidak membutuhkan modal kecuali hanya gadget dan konenksi internet yaitu:

  • Bisnis dropship – Cara kerja usaha ini adalah anda harus membuat sebuah nama toko online bisa menggunakan sosial media FB, IG, WA dan Line sebagai media promosi atau pemasaran mencari konsumen.

Sedangkan barang dagangan bisa anda peroleh dari pemilik produk yang akan mengurus proses pengiriman sampai ketangan pembeli.

Keuntungan yang anda peroleh ialah dari margin markup harga jual serta branding anda yang akan semakin bagus dimata konsumen jangka panjangnya.

  • Marketplace – Dengan menumpang pada situs marketplace seperti bukalapak, lazada, dll maka anda sudah bisa berjualan secara online tanpa harus memikirkan memiliki web olshop sendiri.
  • Forum jual beli – Masih dengan media gratisan, berjualan di internet melalui situs forum jual beli seperti kaskus, adsid dan lainnya merupakan strategi bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan siapa saja namun cukup berpotensi menguntungkan.

Alasan kenapa toko online menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini adalah dengan melihat perilaku masyarakat modern yang selalu menginginkan cara praktis dan cepat.

Hanya dengan perangkat smartphone, mereka sudah bisa melakukan order barang yang di cari, kemudian proses pembayarannya juga terbilang cukup mudah dengan adanya transaksi finansial secara online seperti internet banking, mobile banking hingga mata uang virtual lainnya.

#2 Berprofesi sebagai blogger

Bisnis Online Mudah Tanpa Modal Untuk Pemula

Mungkin anda sudah sering mendengar atau membaca kisah sukses seorang blogger yang bisa mendapatkan penghasilan dari internet hingga ribuan dollar perbulan?

Hal ini memang bukan omong kosong belaka, dan di Indonesia sendiri sudah banyak yang terbukti sukses dengan pendapatan melimpah hanya dari aktifitas bloging.

Jika anda masih belum memahami apa itu bloging, maka gambarannya adalah blogger merupakan seseorang yang berkreatifitas dengan menerbitkan konten pada sebuah situs atau web dan kemudian bisa di akses oleh pengguna yang sedang menginginkan informasi.

Jadi semua informasi yang terdapat pada internet ini bisa dibilang hasil karya para blogger yang sudah memiliki ranking cukup bagus pada search engine sehingga bisa dengan mudah anda temukan dengan kata kunci tertentu.

Sumber penghasilan blogger dari mana?

Seorang blogger profesional yang sudah bisa menciptkan konten berkualitas sehingga sangat bermanfaat bagi banyak pembaca maka mereka akan berpeluang mendapatkan penghasilan cukup besar melalui beberapa cara yaitu:

  • Sistem iklan PPC
  • Iklan advertorial
  • Iklan banner
  • Menjual produk
  • Affiliasi (CPA)

Kunci sukses seorang blogger ialah pada kreatifitas mereka dalam membuat konten yang bisa berupa artikel, foto hingga keahliannya mengoptimasi situs yang mereka kelola.

Yang pasti usaha modal kecil yang satu ini bisa dikatakan sangat menguntungkan meskipun bisa dikerjakan nyaris tanpa modal karena sudah ada platform blog gratisan seperti blogger.com atau wordpress.com

#3 Menjadi vlogger atau youtuber

Masih seputar dunia online, berprofesi menjadi seorang youtuber memang sangat asyik selain menjadi sebuah hobi, aktifitas ini sangat berpotensi membawa anda menuju kepopuleran seperti bayu skak, bajindul, londo kampung, kore reomit dll.

Mereka menjalani hobi ini dengan senang hati sehingga video yang mereka publikasikan pada situs gratisan milik google dapat mencapai kesuksesan serta sangat menghibur hingga memiliki banyak penonton.

Ketika banyak video anda yang populer, maka dari pihak google sendiri akan memberikan penawaran kepada anda untuk memonetisasi video tersebut dengan iklan seperti selayaknya iklan di televisi.

Dan dari iklan inilah sumber penghasilan seorang vlogger atau youtuber akan terus mengalir selama konten mereka tidak ada yang melanggar hak cipta dan tindakan terlarang lainnya.

Belum lagi tawaran iklan dari pemilik produk yang akan meng endorse anda jika popularitas anda di situs youtube sudah sangat tinggi misalkan dengan memiliki ratusan ribu subscribers tetap.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed