Alasan Paling Tepat Bahwa Menjadi Mahasiswa Sudah Harus Mulai Belajar Berbisnis

Tentu membanggakan menjadi seorang mahasiswa suatu perguruan tinggi karena tidak semua pelajar mampu menempuh pendidikan jauh sampai di bangku perguruan tinggi karena biaya kuliah yang tidak bisa dibilang murah.

Mahasiswa termasuk usia produktif dan biasanya mempunyai tingkat kreatifitas yang tinggi juga.

Daripada mengisi masa kuliah anda dengan hal yang tidak berguna, seperti demo dan bersenang-senang, anda dapat mempergunakan kesempatan selama anda kuliah dengan mencoba memulai suatu usaha sendiri atau dengan cara bekerjasama.

Jadi begitu anda lulus kuliah, anda dapat langsung meneruskan usaha yang sudah anda rintis dari awal. Dengan menjadi pengusaha kecil, anda dapat membuka lowongan kerja untuk orang lain sehingga mengurangi pengangguran yang ada di sekitar anda.

5 Alasan mengapa seorang mahasiswa harus mulai belajar bisnis sejak dini

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus memulai usaha sedini mungkin bahkan bila perlu dimulai sejak dari bangku kuliah.

#1 Mahasiswa cenderung memiliki waktu lebih

Jika anda memilih menjadi karyawan swasta setelah anda lulus dari perguruan tinggi maka waktu anda akan habis seharian duduk di kantor mulai dari pagi sampai sore hari dan melakukan kegiatan yang sama setiap hari.

Sebaliknya jika anda memiliki usaha sendiri, anda bisa membagi waktu antara mengurus usaha anda dan masih memiliki waktu luang yang dapat anda pergunakan untuk melakukan kegiatan lain.

#2 Usaha sendiri bebas menentukan besarnya keuntungan

Dengan menjadi wiraswasta tentu anda bebas dalam menentukan keuntungan atau laba dalam bisnis anda.

Tetapi meskipun anda bebas menentukan keuntungan juga jangan terlalu tinggi karena akan merugikan usaha anda sendiri. Produk anda akan dinilai terlalu mahal dan akan sulit laku di pasaran.

Sementara jika anda bekerja dengan orang lain, anda hanya akan mendapat gaji tetap setiap bulannya.

#3 Untuk mengukur kemampuan diri sendiri

Mempunyai usaha sendiri membuat anda harus berpikir bagaimana mengembangkan usaha anda menjadi lebih maju.

Anda tidak akan merasa cepat jenuh dan bosan karena anda dituntut kreatif dan inovatif. Jika usaha anda mengalami perkembangan dan produk yang anda tawarkan semakin laku dipasaran tentu ada kepuasan tersendiri menikmati hasil pekerjaan yang sudah anda rintis sejak di bangku kuliah.

Sementara dengan menjadi karyawan tentu saja anda hanya akan menjalani rutinitas yang sama setiap hari setiap tahunnya.

#4 Kesempatan membuka peluang kerjasama

Apapun jenis usaha anda tentu anda membutuhkan kerjasama dengan pihak lain. Semakin terbuka peluang kerjasama dengan pihak lain maka usaha yang anda rintis pun akan semakin besar, maju dan berkembang ke depannya.

#5 Mendatangkan manfaat bagi orang lain

Jika usaha yang anda rintis berhasil maka secara tidak langsung anda mempunyai usaha baru yang menjanjikan dan menciptakan lapangan kerja yang pastinya membutuhkan orang lain sebagai tenaga kerja di tempat usaha anda.

Beberapa alasan di atas di harapkan mampu membuka wawasan serta pikiran mahasiswa untuk lebih maju dan mulai berpikir apa yang akan dilakukan nanti setelah lulus dari perguruan tinggi.

Selain berguna untuk diri sendiri karena sudah bisa mandiri begitu lulus kuliah tentu saja juga berguna bagi orang lain.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed